Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan Tiba, Ini Cara Mencegah Ular Masuk ke Rumah

Kompas.com - 13/11/2021, 06:50 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian wilayah di Indonesia kini sudah mulai memasuki musim hujan. Karena itu kita perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko bencana alam dan berbagai penyakit yang bisa datang.

Selain keduanya, di musim hujan ini, hal yang perlu juga diwaspadai adalah risiko kemunculan hewan yang dapat membahayakan keselamatan, yakni ular.

Ketika musim hujan tiba, risiko ular masuk ke pemukiman masyarakat cukup tinggi. Terlebih musim hujan kali ini juga berbarengan dengan waktu menetasnya telur beberapa spesies ular, khususnya jenis ular yang hidup dekat dengan pemukiman masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Aji Rachmat, Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, dilansir dari berita Kompas.com, Selasa (9/11/2021).

Baca juga: Musim Hujan, Waspadai Risiko Ular Masuk ke Rumah

"Bulan September, Oktober hingga nanti Maret adalah waktu menetasnya telur ular kobra dan beberapa ular lainnya yang sudah dikeluarkan induknya 2-3 bulan lalu," kata Aji dalam perbincangan dengan Kompas.com.

Setelah telurnya menetas, biasanya anak ular akan langsung bergerak ke segala penjuru arah demi mencari air dan sumber makanan.

Karena itu, penting bagi kita untuk melakukan langkah pencegahan agar ular tak masuk ke rumah. Sebab, ular termasuk jenis hewan yang berbahaya, bahkan pada sebagian jenis ular dapat menyebabkan kematian.

Di rumah, tempat-tempat yang biasanya menjadi sasaran masuk ular adalah loteng, toilet, atau lemari.

Cara mencegah ular masuk rumah

  • Menutup jalan masuk ular

Ular dapat masuk ke rumah Anda melalui lubang-lubang dan celah yang ada di sekitar rumah. Seperti misalnya, ventilasi, talang, atau saluran pipa yang rusak.

Sehingga penting bagi Anda untuk memastikan tidak ada retakan atau lubang yang menganga pada bagian yang berpotensi menjadi jalur masuk ular tersebut.

Segera perbaiki apabila menemukan kerusakan di celah ventilasi, pintu, jendela, talang, atau saluran pipa.

Dan yang tidak boleh ketinggalan, tutup juga ruang kosong antara ubin dengan pintu serta celah-celah rumah yang terbuka agar ular benar-benar tidak memiliki jalur masuk ke rumah Anda.

Baca juga: Termasuk King Cobra, Ini 6 Ular Paling Berbahaya di Dunia

  • Basmi tikus yang berkeliaran

Salah satu daya tarik ular masuk ke pemukiman adalah tersedianya sumber makanan. Di hunian manusia, tidak jarang tikus berseliweran sehingga ini akan menarik perhatian bagi ular.

Maka dari itu, untuk mencegah ular masuk rumah, ada baiknya untuk memastikan tidak ada tikus mendiami rumah Anda.

Lagipula, selain untuk mencegah ular masuk, menyingkirkan tikus dari rumah juga merupakan hal yang penting. Karena hewan pengerat yang satu ini bisa merugikan sekaligus membahayakan Anda sebagai penghuni rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com