Termasuk King Cobra, Ini 6 Ular Paling Berbahaya di Dunia

Kompas.com - 03/10/2021, 15:20 WIB
Ular King Cobra Wikimedia CommonsUlar King Cobra

KOMPAS.com - Ular termasuk hewan yang buas dan paling berbahaya. Beberapa jenis ular memiliki bisa beracun sebagai alat perlindungan diri namun sangat mematikan bagi yang terkena.

Ada banyak jenis spesies ular di dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut ada sekitar 600 spesies ular berbisa yang ditemukan di bumi, namun hanya 200 spesies yang dapat menyebabkan bahaya nyata bagi manusia.

Dilansir dari berita Kompas.com dari Live Science, Kamis (30/9/2021), berikut ini adalah 6 ular paling berbahaya di dunia:

Baca juga: 6 Ular yang Paling Berbahaya di Dunia

1. Ular viper bersisik gergaji

Ular viper bersisik gergaji (Echis carinatus) memiliki racun yang sangat berbahaya. Ular ini banyak ditemukan daerah-daerah kering seperti Timur Tengah, Asia Barat Daya hingga India dan Sri Lanka.

Ular yang sangat mematikan ini aktif pada malam hari untuk berburu makanan. Bisa dibilang ular viper bersisik gergaji bertanggung jawab atas lebih banyak kematian manusia setiap tahun dibandingkan jenis ular lainnya.

2. Ular king cobra

Salah satu jenis ular yang paling populer adalah king cobra atau Ophiophagus hannah. Ular king kobra mempunyai neurotoksin yang cukup untuk membunuh seekor gajah Asia dan sekitar 50 persen manusia yang digigitnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Panjang ular yang berbahaya ini bisa mencapai 5,5 meter dan menjadi salah satu ular berbisa terpanjang di dunia. Ular king cobra banyak hidup di wilayah India dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Habitat asli ular ini adalah hutan, rawa-rawa, hingga daerah bersemak.

3. Ular harimau

Ular harimau (Notechis scutatus) dapat ditemukan di wilayah Australia selatan dan Tasmania.

Ular harimau dapat mematikan korbannya karena dapat mengeluarkan bisa yang mengandung campuran neurotoksin yang kuat, koagulan, hemolisin, dan mikotoksin.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.