Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Garam Bisa Mengusir Ular? Simak Penjelasan Ahli

Kompas.com - 18/06/2022, 10:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Selama ini garam dipercaya dapat mengusir ular, karena mengandung zat yang bisa merusak sisik hewan reptil tersebut.

Sayangnya, menurut ahli, anggapan bahwa garam dapat mengusir ular adalah salah satu hanya mitos belaka. Pasalnya, garam justru tidak efektif membuat hewan melata itu menghindar.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Minggu (12/6/2022), Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, Aji Rachmat mengatakan, anggapan garam dapat mencegah ular adalah salah kaprah.

Menurutnya, ular tidak takut dengan garam, sebab salah satu bumbu dapur tersebut tidak mengandung zat yang ditakuti ular.

Meski kulit ular yang terkena garam akan menjadi basah, namun hewan tersebut tidak bereaksi berkat sisiknya yang kuat.

Baca juga: Cara Mencegah Ular Masuk ke Lubang WC

Selain itu, Muhammad Panji atau yang akrab disapa dengan nama Panji Petualang juga membantah anggapan bahwa garam dapat digunakan untuk mengusir ular.

Dilansir dari video di channel YouTube-nya, yakni Panji Petualang TV, Panji menuturkan bahwa penggunaan atau penaburan garam untuk mengusir ular merupakan sebuah tindakan yang sia-sia.

Panji menjelaskan, kepercayaan yang menyebut bahwa garam dapat berefek buruk bagi ular hanyalah mitos belaka yang sudah lama ada.

Panji menambahkan, garam memang dapat berpengaruh dan membunuh hewan, tetapi bukan ular.

Beberapa hewan yang bisa mati karena garam adalah hewan berlendir yang memiliki banyak cairan pada sekujur tubuhnya, seperti siput, cacing, bekicot, lintah, serta lele.

Baca juga: Jangan Panik, Ini Tips Mengeluarkan Ular dari Lubang WC

Jika ingin mengusir ular, manfaatkan bau-bauan yang menyengat, seperti karbol, bensin, atau minyak tanah, dan sebagainya.

Bau yang menyengat dapat menganggu indra penciuman ular sehingga membuatnya menghindar.

Oleh karena itu, jika ada ular yang masuk ke dalam rumah, tak perlu menaburkan atau melemparkan garam karena tindakan itu hanya percuma.

Sebaiknya panggil pihak berwenang, seperti pemadam kebakaran atau pawang ular yang mampu menjinakkan ular yang masuk ke dalam rumah.

(Penulis: Abdul Haris Maulana)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com