Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Agar Ular Tidak Masuk ke dalam Rumah

Kompas.com - 09/10/2021, 06:20 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu gangguan hewan yang masuk ke rumah adalah ular. Meski frekuensi ular masuk ke dalam rumah bisa dibilang lebih kecil daripada tikus maupun kecoak, namun tetap harus diwaspadai.

Hal itu karena ular termasuk jenis hewan yang berbahaya. Pada sebagian jenis ular bahkan dapat menyebabkan kematian.

Di rumah, tempat-tempat yang biasanya menjadi sasaran masuk ular adalah loteng, toilet, atau lemari.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan ular masuk ke wilayah pemukiman. Mulai dari hilangnya habitat ular karena masifnya pembangunan hingga alasan cuaca atau musim.

Namun tidak perlu khawatir berlebih. Ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah ular masuk ke rumah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini cara mencegah ular masuk ke dalam rumah:

Baca juga: Hati-hati, Ini Penyebab Ular Masuk ke Rumah dan Cara Mencegahnya

1. Tutup lubang atau celah yang ada di rumah

Salah satu jalan masuk ular ke rumah adalah melalui lubang atau celah yang ada di sekitar rumah. Misalnya seperti ventilasi, talang, atau saluran pipa yang rusak.

Karena itu untuk mencegah ular masuk, pastikan tidak ada retakan atau lubang yang bisa menjadi jalan untuk ular masuk.

Periksa dengan cermat bagian luar rumah dan perbaiki setiap retakan atau lubang, talang, pipa, serta ventilasi yang rusak. Selain itu, perbaiki atau ganti bagian yang rusak pada jendela dan pintu.

Jangan lupa juga menutup ruang kosong antara ubin dengan pintu. Tidak hanya itu, dinding dan celah-celah rumah yang terbuka juga harus ditutup agar ular benar-benar tidak memiliki jalur masuk ke rumah secara tak terduga.

2. Bersihkan rumah dari tikus

Tikus menjadi salah satu sumber makanan bagi ular. Karena itu, jika rumah yang dihuni banyak tikus akan menarik perhatian ular.

Karena itu, sebelum mencegah ular masuk ke dalam rumah, ada baiknya Anda singkirkan hewan pengerat yang satu ini terlebih dahulu.

Biasanya, tikus sering muncul di tempat-tempat yang menyimpan banyak sisa makanan dan kotor seperti dapur. Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni bersihkan sisa makanan dari dapur serta tempat sampah kemudian buang ke tong sampah di luar rumah.

Cara lainnya, Anda bisa menggunakan jebakan tikus maupun racun tikus untuk membasmi tikus-tikus yang masih berkeliaran di dalam rumah.

Terakhir, jangan lupa jaga kebersihan di area rumah dan tutup lubang-lubang pada rumah yang bisa menjadi akses masuk tikus.

Baca juga: 7 Cara Mencegah Ular Masuk ke Rumah, Pakai Keset Ijuk hingga Parfum

Ilustrasi ular. Ilustrasi ular.

3. Rutin memangkas rumput

Rumah dengan pekarangan yang berumput memiliki risiko lebih terhadap ular. Hal itu karena ular bisa menjadikan rumput-rumput pada pekarangan sebagai tempat bersembunyi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com