Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ampuh Mengusir Ular yang Masuk Rumah

Kompas.com - 20/06/2021, 09:00 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Ular termasuk hewan mematikan yang sering dijumpai di lingkungan pemukiman. Maka tak heran sering kali terdengar kejadian ular masuk ke dalam rumah. Bagaimana itu bisa terjadi?

Meski ular termasuk hewan berbahaya karena kemungkinan mereka tergolong ular yang berbisa, menganiaya ular saat kamu menemukannya di rumah bukanlah solusi.

Perlu diketahui, ular menjadi terisolasi ketika tanah alami mereka rusak karena pembangunan. Akibatnya mereka tidak dapat dengan mudah bergerak melintasi medan yang tidak bersahabat.

Baca juga: 6 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Ular dari Rumah

Banyak spesies yang menghilang dengan cepat dari kota dan pinggiran kota, hal ini menurunkan jumlah konflik manusia-ular. Namun, masalah ular "bertamu" ke rumah masih saja mungkin dialami oleh beberapa pemilik hunian.

Masalah umum

Dilansir dari Humane Society, Selasa (8/6/2021), beberapa spesies ular yang lebih besar biasa ditemukan di sekitar kandang unggas karena mereka memangsa anak ayam atau telur, tetapi—kecuali untuk spesies berbisa—ular bukanlah ancaman bagi manusia atau hewan peliharaan mereka.

Namun, kebanyakan orang sering ketakutan ketika bertemu ular dan memicu konflik antara manusia dan hewan melata ini.

Mengusir ular yang masuk rumah

Jangan panik jika kamu menemukan ular di dekat rumah. Tetap tenangkan diri dan kamu bisa melakukan cara mengusir ular seperti berikut ini:

  • Identifikasi berdasarkan spesies.
  • Biarkan terus selama tidak berbisa dan tidak di dalam rumah.
  • Semua pertemuan di luar ruangan (bahkan di halaman) dengan ular tidak berbisa harus diselesaikan dengan membiarkan hewan itu pergi dengan caranya sendiri, kemungkinan besar tidak akan pernah terlihat lagi.

Baca juga: Garam Bisa Mengusir Ular dari Rumah, Mitos atau Fakta?

Langkah berbeda perlu dilakukan jika yang kamu temukan termasuk dalam jenis ular berbisa. Ular berbisa adalah masalah serius karena bisa mengancam keselamatan jiwa.

Ular tersebut harus disingkirkan untuk memastikan tidak ada seorang pun, termasuk hewan peliharaan, yang terluka, tetapi bukan berarti ular harus dibunuh.

Untuk melakukannya, kamu bisa kamu bisa menghubungi pemadam kebakaran untuk mengeluarkan ular tersebut.

Sebaliknya, jika ular yang ditemukan termasuk jenis yang tidak berbisa, dorong ular dengan lembut menggunakan sapu atau tongkat ke arah pintu dan tetap jaga jarak aman.

Biarkan ular pergi dengan sendirinya. Namun, jika kamu merasa ragu, untuk lebih amannya keluarkan semua anggota keluarga dari rumah dan panggil petugas pemadam kebakaran guna mengusir ular tersebut.

Baca juga: Daftar Tanaman yang Ditakuti Ular

 

(Penulis: Dian Reinis Kumampung | Editor: Dian Reinis Kumampung)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com