Kim Jong Un Kurus, Korut Siapkan Pejabat yang Bisa Ambil Alih Pemerintahan

Kompas.com - 19/06/2021, 19:07 WIB
Perbedaan tubuh Kim Jong Un. Associated PressPerbedaan tubuh Kim Jong Un.

KOMPAS.com - Presiden Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan mengalami sakit sehingga badannya kian kurus.

Hal itu terlihat dari lesung pipinya yang kian mengurus. Apalagi, Kin Jong Un sudah hampir 1,5 tahun tidak muncul di publik sehingga memunculkan spekulasi bahwa pemimpin Korea Utara itu tidak baik-baik saja.

Untuk mengantisipasi kemungkinan buruk terjadi pada Kim Jong Un, Korea Utara sudah membentuk sekretaris pertama yang merupakan posisi orang nomor dua di Partai Buruh Korea.

Baca juga: Bersiap jika Terjadi Sesuatu dengan Kim Jong Un, Korut Tambah Posisi Pemerintahan

Posisi sekretaris pertama ini terbilang penting karena bisa mengambil alih pemerintahan jika pemimpin tertinggi dianggap tidak mampu bertugas.

"Kepemimpinan Korea Utara mempersiapkan jika Kim tiba-tiba meninggal, atau dianggap tak mampu memerintah," kata laporan berita NK News sebagaimana dilansir Kompas Global.

Pembentukan sekretaris pertama ini, kata NK News, menunjukkan bahwa Kim generasi ketiga ini sedang tidak sehat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berita Express, Jumat (18/6/2021) melaporkan bahwa jabatan baru itu sudah berdasarkan hasil kesepakatan dalam kongres partai yang digelar Januari.

Disebutkan pula dalam kongres itu bahwa sekretaris pertama adalah wakil dari sekretaris jenderal yang sedang dijabat Kim Jong Un saat ini.

Belum ada laporan siapa yang akan menduduki jabatan sekretaris pertama. Namun kuat dugaan bahwa adik Kim Jong Un, yakni Kim Yo Jong, yang akan menduduki jabatan tersebut.

Sebab, sejumlah kalangan beprediksi bahwa penerus Kim Jong Un tidak jauh-jauh dari keluarganya sendiri.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X