Menko Luhut Berharap Covid-19 Bisa Terkendali Selama 2 Minggu Ini

Kompas.com - 19/06/2021, 17:31 WIB
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sambutan secara virtual dalam pembukaan UKM Jabar Paten, Jakarta, Sabtu (3/4/2021). Dokumentasi Humas Kemenko MarvesMenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sambutan secara virtual dalam pembukaan UKM Jabar Paten, Jakarta, Sabtu (3/4/2021).

KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan berharap selama 2 minggu ini Covid-19 bisa terkendali.

Hal itu disampaikan Luhut ketika berbicara di hadapan bupati se-Indonesia dalam acara Pengukuhan Dewan Asosiasi Pemerintah Seluruh Indonesia (APKASI) periode 2021-2026 sekaligus Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIII APKASI di Bali, Sabtu (19/6/2021).

“Sementara untuk Covid-19, kita berdoa semoga Covid-19 ini selama 2 minggu ini dapat terkendali, sehingga pergerakan masyarakat dapat kembali seperti sedia kala,” kata Luhut dilansir Kompas Money.

Baca juga: Di Depan Bupati se-Indonesia, Luhut: Ekonomi dan Penanganan Covid-19 Kita Bagus

Dalam kesempatan itu, Luhut juga menjelaskan kondisi ekonomi Indonesia yang disebutnya masih dalam batas aman dan akan terus bertumbuh.

Menurut Luhut, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2021 masih bisa dipelihara. Ia memprediksi bahwa ekonomi akan tumbuh 4 hingga 5 persen pada tahun 2021.

Luhut berharap para pejabat di daerah bisa membantu dan mendampingi upaya pendongkrak laju pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Percepat pemulihan ekonomi

Luhut juga mengatakan bahwa pemulihan ekonimi dan reformasi harus dilakukan secepat mungkin.

Luhut menyebutkan bahwa strategi pemerintah pusat untuk pemulihan dan reformasi ekonomi salah satunya adalah ketersediaan stimulus fiskal jika situasi belum pulih.

Selain itu, lanjut Luhut, implementasi UU Cipta Kerja juga akan mempermudah investasi.

Kebijakan pengembangan industri nilai tambah di Indonesia juga harus terus dijalankan.

Baca juga: Luhut: Kita Mudah Membangun, tetapi Kadang-kadang Susah Memelihara

Peningkatan tingkat komponen dalam negeri (TKDN), serta beberapa dari reformasi lainnya menurut Luhut telah dilakukan sejak sebelum pandemic Covid-19. Langkah itulah yang pada akhirnya membantu ekonomi Indonesia selama Covid-19.

“Jadi overall ekonomi dan penanganan covid-19 kita cukup bagus. Saya minta pemimpin di sini semua ayo kerja sama, bekerja dengan hati upayakan yang terbaik,” tegas Luhut. (Penulis: Muhammad Choirul Anwar)


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X