Musim Hujan Sering Timbulkan Penyakit, Ini Cara Mencegahnya

Kompas.com - 07/11/2021, 22:10 WIB
Ilustrasi hujan shutterstockIlustrasi hujan

 

KOMPAS.com - Mungkin Anda pernah mendengar nasihat lama orang tua kepada anaknya agar berhati-hati saat musim hujan, karena banyak sumber penyakit yang bisa menyerang tubuh.

Nampaknya, nasehat lama ini tidak bisa dianggap sepele karena para ahli menyatakan memang benar di saat musim hujan seperti saat ini, akan ada banyak pemicu seseorang mengalami sakit.

Terlebih, saat musim hujan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, longsor dan lain sebagainya juga semakin meningkat.

Mengapa kita mudah terserang penyakit saat musim hujan?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Betang Pambelum, Palangkaraya, dr Alex Ranuseto Sp.PD mengatakan, potensi kita terjangkit penyakit di musim hujan dan banjir memang cukup besar.

"Ini karena saat musim hujan sistem imun kita cenderung berkurang, akibat aktivitas yang terbatas dan cuaca yang membuat kita malas sehingga menghambat untuk berolahraga,” ujar Alex dalam pemberitaan Kompas.com, Kamis (4/2/2021).

Menurut Alex, penyakit yang berpotensi timbul saat musim hujan dan banjir adalah flu (influensa), demam berdarah, malaria, diare, hepatitis A, demam tifoid (infeksi akut usus halus yang disebabkan oleh salmonella typhi), dan leptospirosis.

Nah, untuk mencegah penyakit-penyakit itu, Alex menyarankan agar setiap masyarakat selalu menggunakan jas hujan atau payung ketika hujan.

"Semua aktivitas yang terkontak langsung antara kulit yang terbuka atau terluka dengan genangan atau tanah basah tanpa alat pelindung seperti sepatu boot dan sarung tangan akan menyebabkan seseorang terkena penyakit leptospirosis," ujar Alex.

Untuk diketahui, leptospirosis adalah penyakit yang dibawa oleh hewan pengerat, anjing, sapi kuda, kelelelawar, dan lain sebagainya.

Alex menjelaskan, penyakit ini ditularkan melalui kencing hewan-hewan tersebut yang ada di genangan air dan masuk melalui luka terbuka di kulit.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.