Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Banyak Ular di Sekitar Pemukiman Saat Musim Hujan?

Kompas.com - 16/10/2021, 10:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Saat musim hujan, tak sedikit masyarakat yang mengeluh menemukan ular di sekitar rumahnya.

Jenis ular yang biasanya berkeliaran di sekitar permukiman saat musim hujan adalah ular kobra jawa.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (17/11/2020), ahli herpetologi (reptil dan amfibi) dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amir Hamidy mengatakan, fenomena kemunculan ular di sekitar permukiman memang sering terjadi saat musim hujan.

"Memang, ini (musim hujan) juga musimnya telur-telur ular menetas. Bahkan, sebenarnya tidak hanya ular kobra, tetapi juga jenis ular lainnya," ujar Amir.

Amir menambahkan, populasi ular kobra meningkat saat musim hujan karena berbarengan dengan waktu menetas telur-telur ular kobra.

Ular kobra memang banyak ditemukan di sekitar persawahan, perkebunan, dan perumahan, khususnya permukiman yang dibangun di atas atau di dekat habitat ular kobra.

Baca juga: Tidak Perlu Panik, Ini yang Harus Dilakukan jika Ada Ular Masuk Rumah

Saat induk ular kobra jawa menemukan tempat yang aman di sekitar kawasan tersebut, maka ia akan meletakkan telur-telurnya.

"Hanya saja, induk ular periode inkubasinya sekitar 3 bulanan. Itu artinya, telur-telur tersebut kemungkinan sudah diletakkan sekitar tiga bulan lalu, kemudian di musim hujan ini mulai menetas," ungkap Amir.

Setelah telur-telur itu menetas, anakan ular kobra jawa tentu akan menyebar di sekitar permukiman dan berada dekat dengan manusia.

"Insting anakan ular kobra ini pasti akan mencari tempat yang terlindungi. Fenomena ini sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu," kata Amir.

Penyebab banyak anakan ular kobra bermunculan di sekitar permukiman

Amir menjelaskan, penyebab ular kobra jawa banyak ditemukan di sekitar permukiman mungkin karena semakin sedikit populasi predator alami saat ini, seperti elang, biawak, dan beberapa karnivora lainnya.

Baca juga: Ciri-ciri Ada Ular di Dalam Rumah

"Akibatnya, membuat populasi anakan ular ini semakin tidak terkontrol," ucap Amir.

Menurut Amir, banyaknya anakan ular kobra jawa di sekitar permukiman bisa juga disebabkan karena adanya tempat berlindung yang aman di sekitar kawasan tersebut.

Misalnya, banyak tumpukan barang, baik di dalam maupun di luar rumah, yang menjadi tempat hangat dan lembap untuk ular.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com