Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Aneh Penghuni Lautan Dalam Kembali Terdampar di Pantai California, Penyebab Masih Misterius

Kompas.com - 29/10/2023, 21:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seekor ikan yang biasa hidup pada kedalaman lebih dari 900 meter di bawah permukaan laut terdampar di pantai California, Amerika Serikat.

Penampakan ikan bernama Pacific footballfish ini diunggah oleh akun resmi Facebook Crystal Cove State Park, taman nasional di California, pada Rabu (18/10/2023).

"Tebak siapa yang terdampar tepat pada hari Jumat tanggal 13? Ini ikan pemancing #2 di Crystal Cove State Park!" tulis unggahan.

Baca juga: Bolehkah Makan Ikan Hias seperti Dory dalam Finding Nemo?

Dilansir dari Smithsonian Magazine, Kamis (26/10/2023), ikan bernama ilmiah Himantolophus sagamius itu termasuk kelompok anglerfish alias ikan sungut ganda.

Sesuai kelompoknya, ikan ini memiliki ciri khas berupa kulit berduri dengan tangkai atau sungut menonjol di bagian kepala.

Tubuh ikan lautan dalam berwarna hitam tersebut ditemukan oleh seorang penjaga pantai pada Jumat (13/10/2023) di Pantai Moro Crystal Cove State Park, sebelah selatan Los Angeles.

Baca juga: Segumpal Daging Busuk Mirip Putri Duyung Terdampar di Papua Nugini, Makhluk Apa Itu?


Baca juga: Apakah Ikan Tidur? Berikut Penjelasan Ilmiahnya

Bukan pertama kali terdampar

Lantaran menghabiskan hidup pada kedalaman lebih dari 900 meter yang minim cahaya, manusia jarang sekali melihat penampakan Pacific footballfish.

Kendati demikian, temuan ini bukanlah satu-satunya spesies yang tiba-tiba terlihat di kawasan California.

Sebelumnya, pada Mei 2021, Pacific footballfish dengan kondisi masih utuh juga tersapu dan mendarat di kawasan Crystal Cove.

Diberitakan Kompas.com, Rabu (19/5/2021), pengunjung pantai dan seorang nelayan bernama Ben Estes yang melihat anglerfish segera melaporkannya ke pihak berwenang.

Ben Estes mengaku, selama menjadi nelayan, dia belum pernah melihat ikan dengan bentuk yang aneh seperti itu.

"Saya tahu itu adalah penemuan yang tak biasa, dan saya belum pernah melihat ikan yang terlihat seperti itu sebelumnya," ungkap Ben.

Baca juga: Mengapa Paus Sering Terdampar di Pinggir Pantai? Ini Alasannya!

Temuan anglerfish betina

Ikan anglerfish (genus Melanocetus) menggunakan bioluminesensi untuk menarik mangsa di laut dalam (Image credit: MBARI) Ikan anglerfish (genus Melanocetus) menggunakan bioluminesensi untuk menarik mangsa di laut dalam

Dikutip dari laman People, Kamis (19/10/2023), Pacific footballfish yang ditemukan pada 13 Oktober lalu berjenis kelamin betina dengan ukuran sekitar 35,5 sentimeter.

Jenis kelamin ikan ini sangat mudah diketahui petugas satwa liar lantaran jantan dan betina memiliki ciri yang sangat berbeda satu sama lain.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com