Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Bus di Guci Disebut karena Rem Tangan Ditekan Anak-anak, Ini Penjelasan Polisi

Kompas.com - 08/05/2023, 12:13 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah informasi yang menyebut kecelakaan bus di Guci, Tegal, Jawa Tengah karena seorang anak menekan tuas rem, ramai di media sosial TikTok, Minggu (7/5/2023)

Informasi yang diunggah oleh akun TikTok @adiabenkk77 menyebut ada seorang anak dari penumpang bus yang memainkan klakson dan kemudian menekan tuas rem tangan sehingga bus meluncur seperti dalam video. 

"Saat sopir turun, anak dari penumpang, ingin menyalakan klakson Basuri, namun ternyata tuas rem tangan tertekan & bus meluncur tanpa kemudi. Disinyalir bus sedang parkir ada mania(k) klakson Basuri utak-atik mau nyalain klason malah tuas Parking Brake ke release," tulis akun tersebut dalam unggahannya.

Hingga Senin (8/5/2023) unggahan tersebut telah dilihat lebih dari 5 juta kali, disukai lebih dari 100.000 akun dan mendapat lebih dari 6.000 komentar.

Benarkah informasi tersebut? 

Baca juga: Tragedi Kecelakaan Maut Bus di Guci Tegal, 2 Orang Meninggal, 2 Kritis, dan Puluhan Korban Terluka

Penjelasan polisi

Kapolres Kabupaten Tegal AKBP M Sajarod Zakun membantah informasi yang menyebut kecelakaan bus di Guci karena ada anak yang menekan tuas rem tangan sehingga bus meluncur ke sungai.

Keyakinan itu didapatkan setelah pihak kepolisian meminta keterangan dari sejumlah saksi yang menjadi korban kecelakaan bus tersebut. 

"Info tersebut tidak benar, berdasarkan keterangan saksi yang menjadi korban berada di dalam bus," kata Sajarod saat dihubungi Kompas.com, Senin (8/5/2023).

Pihaknya menambahkan saat ini kepastian terkait penyebab masih diselidiki oleh kepolisian.

Selain itu, proses penyelidikan juga akan dilakukan sembari menunggu evakuasi bus yang terjatuh tersebut untuk diteliti. 

Kronologi kecelakaan bus di Guci

Kecelakaan bus di Guci terjadi saat bus terjun ke sungai di kawasan wisata Guci, kabupaten Tegal, Jawa Tengah pada Minggu (7/5/2023).

Bus yang di dalamnya berisi penumpang tersebut kemudian jatuh ke sungai setelah tiba-tiba bergerak meluncur menuruni jalan.

Dikutip dari Kompas.com, Senin (8/5/2023) total korban dalam kecelakaan bus yang membawa rombongan peziarah di Objek Wisata Guci ini adalah 2 korban meninggal dan 35 lainnya luka-luka.

Sebelumnya Sajarod mengatakan bus pariwisata tersebut mengangkut 50 peziarah asal Tangerang Selatan, Provinsi Banten dan sempat bermalam di Guci.

Baca juga: Kecelakaan di Guci Tegal, Bus Diganjal Batu Tiba-tiba Terjun ke Sungai Sebelum Penumpang Turun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com