Marina Ika Sari
Peneliti

Peneliti di The Habibie Center. Alumnus Magister Diplomasi Pertahanan, Universitas Pertahanan

Nilai Strategis Latihan Militer Gabungan Super Garuda Shield

Kompas.com - 19/08/2022, 11:09 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

LATIHAN militer gabungan Super Garuda Shield 2022 telah sukses diselenggarakan selama dua pekan, pada 1-14 Agustus 2022. Sejak pertama kali digelar tahun 2007, latihan tahunan ini telah dilaksanakan sebanyak 16 kali.

Latihan gabungan itu awalnya diinisiasi untuk memfasilitasi kesiapan dan kemampuan personel penjaga perdamaian. Kemudian, latihan militer bersama itu terus berkembang dari tahun ke tahun dalam hal jumlah personel yang terlibat, lokasi latihan, hingga materi latihan.

Super Garuda Shield 2022 telah berkembang dari latihan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu latihan gabungan multinasional terbesar di kawasan Indo-Pasifik. Berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya diikuti oleh dua negara, skala dan cakupan latihan militer bersama kali ini lebih besar karena dihadiri 14 negara sebagai peserta atau pengamat.

Baca juga: Mengenal Super Garuda Shield 2022, Latihan Militer Gabungan Indonesia

Super Garuda Shield 2022 diikuti Indonesia, AS, Kanada, Prancis, India, Malaysia, Selandia Baru, Korea Selatan, Papua Nugini, Timor-Leste, Inggris, Australia, Singapura, dan Jepang. Latihan gabungan itu melibatkan total 4,337 tentara dari negara-negara peserta.

Latihan militer bersama tersebut mencakup latihan lapangan dan maritim seperti latihan amfibi, latihan keamanan maritim, latihan operasi militer di medan perkotaan, latihan pertahanan udara, operasi udara, dan latihan perebutan lapangan udara. Selain itu, latihan pos komando juga dilakukan untuk melatih kemampuan para personel militer dalam merencanakan, memberikan komando, dan berkomunikasi satu sama lain dalam simulasi lingkup operasional.

Selain mendapatkan materi dan melakukan latihan di lapangan, para tentara juga melakukan kegiatan bakti sosial dalam bentuk pemberian sembako dan pengobatan massal secara gratis terkait stunting kepada masyarakat. Menjelang puncak latihan gabungan, kegiatan Sports and Culture Day digelar untuk mempererat hubungan antar-personel dan sebagai ajang untuk pertukaran budaya.

Nilai strategis dari sudut diplomasi pertahanan

 

Merujuk pada bentuk-bentuk aktivitas diplomasi pertahanan yang dikemukakan Cottey dan Foster (2004), Super Garuda Shield 2022 merupakan salah satu bentuk aktivitas diplomasi pertahanan berupa latihan bilateral untuk tujuan pelatihan yang diberikan kepada personel militer. Latihan tersebut menunjukkan implementasi dari diplomasi pertahanan melalui kegiatan pada level operasional yang lebih konkret berupa pembekalan pengetahuan dan keahlian terkait manajemen pertahanan dan keterampilan teknis dan operasi militer di lapangan.

Dari kacamata diplomasi pertahanan, terdapat beberapa nilai strategis latihan militer gabungan Super Garuda Shield 2022 yang bermanfaat bagi negara-negara yang terlibat.

Pertama, Super Garuda Shield 2022 bertujuan untuk membangun strategic engagement. Latihan militer gabungan Super Garuda Shield 2022 merupakan wujud kemitraan strategis antara AS dan Indonesia yang semakin kuat.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.