Kompas.com - 04/07/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief mengumumkan adanya 46 calon jemaah haji furoda yang dipulangkan ke Indonesia lantaran bermasalah dengan visa.

"46 WNI ini tidak bisa masuk ke Saudi dan mereka dipulangkan kembali ke Indonesia," terang Hilman Latief, dikutip dari laman Haji Kemenang (2/7/2022).

Puluhan calon haji furoda ini berangkat ke Arab Saudi dengan penerbangan reguler dan mendarat di Bandara Internasional Jeddah, Arab Saudi.

Mereka sempat tertahan di Imigrasi Arab Saudi karena masuk bukan dengan visa haji resmi Arab Saudi untuk Indonesia. Visa tersebut tidak ditemukan di dalam sistem imigrasi Arab Saudi.

Berdasarkan pengakuan, calon jemaah haji furoda itu berangkat menggunakan visa dari Singapura dan Malaysia.

Selain 46 calon jemaah haji furoda yang dipulangkan ke Indonesia, Ketua Umum Syarikat Penyelenggara Umrah dan Haji (Sapuhi) Syam Resfiadi menyebut, sebanyak 127 jemaah calon haji juga gagal mendapatkan visa mujamalah atau visa yang biasa digunakan untuk jemaah haji furoda.

Syam mengatakan, hanya ada sedikit haji furoda yang berhasil diberangkatkan pada tahun ini.

"Ada, namun sedikit sekali," tuturnya, dilansir dari KompasTV.

Baca juga: Alasan Kemenag Tidak Gunakan Kuota Tambahan Haji 10.000 Peserta

Apa itu haji furoda?

Haji furoda adalah program haji tanpa antre. Program ini kerap dikenal dengan haji Mujamalah. Pelaksanaannya dilakukan menggunakan Visa Haji Furoda atau Visa Haji Mujamalah (undangan) yang resmi dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

"Visa furoda itu berbeda dengan visa haji khusus atau haji reguler, dari cara mendapatkannya," kata Syam Resfiadi kepada Kompas.com (3/7/2022).

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.