Kompas.com - 17/05/2022, 13:30 WIB

KOMPAS.com - Gunung tak hanya ditemukan di planet Bumi, tapi juga di planet-planet lainnya. Karakteristik gunung di luar angkasa bervariasi.

Meskipun Gunung Mauna Kea adalah gunung tertinggi di planet Bumi (berdasarkan Guinness World Record), tapi itu termasuk salah satu gunung yang kecil di tata surya ini.

Lantas, gunung mana yang tertinggi di tata surya?

Baca juga: Planet Terpanas dan Terdingin di Tata Surya

Gunung tertinggi di tata surya

Dilansir dari NASA, 15 April 2022, gunung tertinggi di tata surya ini adalah Olympus Mons di planet Mars. Tingginya 16 mil atau 84.480 kaki (25 kilometer) di atas permukaan planet.

Bagaimana Mars mendapatkan gunung yang begitu besar?

Awalnya, Mars memiliki gunung berapi yang benar-benar aktif, berisi gumpalan batu panas yang bergerak naik dari dalam.

Tapi Mars tidak memiliki lempeng tektonik yang bergerak di atas hotspot, seperti di Hawaii.

Jadi, gunung di Mars tidak berbentuk rantai gunung api, tapi justru bertambah tinggi. Dengan gravitasi yang lebih rendah di Mars, magma itu bisa didorong ke ketinggian yang lebih tinggi.

Fakta menarik kedua adalah Olympus Mons begitu besar pada dasarnya, sehingga seorang astronot di puncaknya tidak akan tahu bahwa dia sedang berdiri di atas gunung, karena kemiringannya akan tertutup oleh lengkungan planet itu sendiri.

Baca juga: Planet Apa yang Memiliki Bulan Terbanyak?

Dilansir dari How Stuff Works, 25 April 2022, Olympus Mons bertipe stratovolcano dan merupakan salah satu dari selusin gunung berapi besar di Mars.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.