Kompas.com - 09/05/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) tengah menjadi sorotan terkait pengadaan gorden di rumah jabatan atau rumah dinas anggotanya.

Semula, lembaga wakil rakyat ini menganggarkan Rp 48,7 miliar untuk mengganti gorden di 505 unit rumah dinas.

Adapun setiap rumah, akan mendapat satu set gorden senilai Rp 90 juta dihitung dengan pajak.

"Per rumahnya rata-rata sekitar Rp 80 juta sekian, dengan pajak Rp 90 jutaan per rumah," kata Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (28/3/2022), dikutip dari Kompas.com.

Indra menjelaskan, setiap rumah akan mendapat 11 macam gorden yang dipasang di jendela ruang tamu, pintu jendela ruang keluarga, jendela ruang kerja, ruang tidur utama, jendela dapur, dan jendela void tangga di lantai satu.

Kemudian, gorden juga akan dipasang di lantai dua yakni di jendela tiga ruang tidur anak, jendela void ruang keluarga, dan jendela ruang tidur asisten rumah tangga.

Dikutip dari laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) DPR, nilai pagu anggaran yang disiapkan untuk pengadaan ini yaitu Rp 48.745.624.000 dengan nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) sebesar Rp 45.767.446.332.

Luas dan spesifikasi dari gorden yang akan dipasang di setiap rumah tidak dijelaskan oleh Indra. Namun ia menegaskan, gorden yang akan dibeli wajib produksi dalam negeri.

Baca juga: Bos PT Bertiga Mitra Solusi, Pemenang Tender Pengadaan Gorden Rumah Dinas DPR Kini Jalani Isoman

Gorden di rumah jabatan sudah tidak layak

Pengadaan gorden dengan nilai fantastis ini diklaim Indra terpaksa dilakukan lantaran sudah 13 tahun tidak diganti. Sehingga, kondisi gorden di setiap rumah jabatan anggota dewan kini sudah tidak layak pakai.

Karena kondisinya yang tak layak itu, beberapa anggota dewan pun memilih melepas dan membuang gorden di rumah dinas mereka.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.