Kompas.com - 17/01/2022, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Hari ini 27 tahun lalu, tepatnya 17 Januari 1995, terjadi gempa bumi besar Hanshin. Gempa bumi itu terjadi di dekat kota Kobe, Jepang, sehingga juga disebut Gempa Kobe.

Melansir National Geographic, gempa Kobe menewaskan 6.433 orang dan membuat lebih dari 45.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Gempa Kobe adalah salah satu gempa terburuk dalam sejarah Jepang. Kerugian yang ditimbulkan lebih dari 100 miliar dolar (Rp 1,43 triliun).

Jepang adalah salah satu wilayah yang paling aktif secara geologis di Bumi, tempat di mana empat lempeng tektonik utama (Eurasia, Filipina, Pasifik, dan Amerika Utara) bertemu dan berinteraksi.

Gempa Kobe adalah hasil dari sesar mendatar timur-barat di mana lempeng Eurasia dan Filipina berinteraksi.

Pemerintah Kobe menghabiskan bertahun-tahun membangun fasilitas baru untuk menarik kembali 50.000 orang yang pergi setelah gempa.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Kereta Api di Rumania Tergelincir dan Meledak, 1.000 Tewas

Kronologis gempa Kobe

Mengutip Britannica, 10 Januari 2022, gempa bumi terjadi pada pukul 05.46 pagi, hari Selasa. Gempa itu terjadi di bagian selatan prefektur Hyogo, barat-tengah Honshu. Gempa berkekuatan 7,3 SR.

Gempa berlangsung sekitar 20 detik. Pusat gempanya berada di bagian utara Pulau Awaji di Laut Pedalaman, 12,5 mil (20 km) di lepas pantai kota pelabuhan Kobe.

Fokus gempa berada sekitar 10 mil (16 km) di bawah permukaan bumi. Wilayah Hanshin adalah daerah perkotaan terbesar kedua di Jepang, dengan lebih dari 11 juta penduduk. Dengan pusat gempa sedekat itu, efeknya luar biasa.

Lebih dari 240.000 rumah rusak, jutaan rumah di wilayah tersebut kehilangan layanan listrik atau air, lebih dari 120.000 bangunan rusak, lebih dari setengahnya runtuh sepenuhnya, serta bagian jalan tol Hanshin yang menghubungkan Kobe dan saka juga runtuh atau rusak berat selama gempa bumi.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Gempa Bumi Besar Guncang Haiti, 316.000 Orang Tewas

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.