Kompas.com - 17/01/2022, 06:11 WIB

KOMPAS.com - Jepang yang dilanda tsunami menjadi berita terpopuler dan paling banyak dibaca di Tren.

Sebagaimana diketahui, letusan gunung api bawah laut di Tonga memicu tsunami, membuat Jepang mengeluarkan peringatan kepada 210.000 warga untuk menjauhi pantai.

Gunung api bawah laut meletus di Tonga dan menyebabkan tsunami yang menghantam pulau di Samudera Pasifik tersebut. Lantas, di mana sebenarnya letak Tonga?

Kasus Omicron juga telah menyebar di sebanyak 7 daerah di Indonesia. Berikut daerah di Indonesia yang sudah mendeteksi Omicron.

Terakhir profil Ibu Kasur Sandiah yang merupakan tokoh pendidik menjadi Google Doodle, dan 5 gunung api bawah laut di dunia.

1. Jepang diterjang tsunami, 210.000 warga diminta jauhi pantai

Jepang dihantam tsunami pada Minggu pagi (16/1/2022) setelah letusan gunung berapi bawah laut di Tonga menyebabkan tsunami pada Sabtu (15/1/2022).

Kondisi tersebut membuat Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami dan lebih dari 210.000 warga di 7 perfektur untuk menjauh dari pantai.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan tsunami 3 meter mungkin melanda beberapa pulau barat daya Jepang termasuk Pulau Amami serta prefektur timur laut Iwate.

2. Diterjang tsunami, di mana letak Tonga?

Sebuah gunung berapi bawah laut di lepas pantai Tonga meletus, yang memicu gelombang tsunami yang menerjang wilayah Tonga pada Sabtu (15/1/2022).

Tsunami yang terjadi menyapu pesisir dan menerjang hingga ke ibu kota Tonga Nuku’alofa.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.