Kompas.com - 17/01/2022, 08:00 WIB
Jangan merebus susu terlalu lama agar tak merusak kandungan nutrisinya. Unsplash/Andreea PopJangan merebus susu terlalu lama agar tak merusak kandungan nutrisinya.

KOMPAS.com - Sebagai teman roti bakar di pagi hari, susu sapi enak dikonsumsi dalam kondisi panas atau hangat. 

Susu murni harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi guna membunuh bakteri yang ada dalam susu mentah yang bisa berisiko meracuni saluran cerna.

Meski bisa membunuh bakteri dan mengamankan saluran cerna, namun menurut Web MD, merebus susu juga bisa menurunkan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Mulai dari kandungan vitamin B2, B3, B6 dan asam folat.

Meski begitu, tetap saja susu murni yang Anda beli langsung dari peternakan dan belum melalui proses pasteurisasi harus direbus terlebih dahulu guna menghindari kontaminasi bakteri yang bisa membahayakan tubuh.

Baca juga: Susu Sapi Bisa Membantu Program Diet, Ini Cara Tepat Mengonsumsinya

Cara merebus susu

Merebus susu bukan perkara mudah. Perhatian kita teralihkan sedikit saja, susu akan mendidih dan meluap tumpah ruah keluar dari dalam panci.

Susu juga bisa rawan pecah ketika dididihkan dengan cara yang kurang tepat. Susu yang pecah biasanya akan mengalami penurunan jumlah nutrisi.

Agar susu tak pecah, ini tips merebus susu yang benar:

1. Oleskan mentega di pantat panci

Olesi pantat panci dengan mentega agar susu tak mudah meluap.SHUTTERSTOCK/IMAGEDB.COM Olesi pantat panci dengan mentega agar susu tak mudah meluap.
Untuk mencegah susu meluap dan tumpah, oleskan mentega di pantat panci yang akan digunakan untuk mendidihkan susu.

Setelah pantat panci diolesi mentega, baru kemudian masukkan susu dan rebus susu menggunakan api kecil. 

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.