Mengenal Sinopharm dan CanSino, Dua Vaksin untuk Vaksinasi Gotong Royong

Kompas.com - 17/05/2021, 12:02 WIB
Ilustrasi vaksin Sinopharm yang diproduksi perusahaan farmasi China. SHUTTERSTOCK/Steve HeapIlustrasi vaksin Sinopharm yang diproduksi perusahaan farmasi China.

JAKARTA, KOMPAS.com - Vaksinasi gotong royong akan mulai dilaksanakan pada hari ini, Senin (17/5/2021).

Rencananya, ada dua vaksin Covid-19 yang akan digunakan dalam vaksinasi gotong royong.

Vaksinasi gotong royong merupakan pelaksanaan vaksinasi kepada karyawan/karyawati, keluarga, dan individu lain dalam keluarga yang pendanaannya dibebankan pada badan hukum atau badan usaha.

Penerima vaksin tidak dipungut bayaran atau gratis, karena pembiayaannya oleh perusahaan.

Baca juga: Vaksinasi Gotong Royong Dimulai Hari Ini, Ada 2 Vaksin yang Digunakan

Saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (16/5/2021), Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir mengatakan, saat ini ada 2 jenis vaksin yang akan digunakan pada vaksinasi gotong royong.

Tahap awal, vaksin yang siap digunakan saat ini adalah Sinopharm. Selain Sinopharm, satu vaksin lainnya adalah CanSino.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Rencana ada vaksin CanSino juga," kata Honesti.

Sinopharm

Vaksin Sinopharm telah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Jenis vaksin Sinopharm adalah inactivated vaccine yang disebut SARS-CoV-2 Vaccine (Vero Cell).

Vaksin jenis ini menggunakan partikel virus yang dimatikan untuk mengekspos sistem kekebalan terhadap virus, tanpa mengambil risiko respons penyakit serius.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menyatakan vaksin Sinopharm aman digunakan dan telah memiliki izin penggunaan darurat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X