[POPULER TREN] Negara Arab dan Konflik Israel-Palestina | Larangan Mudik Berakhir Hari Ini

Kompas.com - 17/05/2021, 05:45 WIB
Seorang polisi Palestina berdiri di depan reruntuhan Jala Tower, gedung 13 lantai kantor media Al Jazeera dan Associated Press, yang diledakkan serangan udara Israel di Gaza pada Sabtu (15/5/2021). AP PHOTO/KHALIL HAMRASeorang polisi Palestina berdiri di depan reruntuhan Jala Tower, gedung 13 lantai kantor media Al Jazeera dan Associated Press, yang diledakkan serangan udara Israel di Gaza pada Sabtu (15/5/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Konflik Israel dan Palestina kembali memanas dengan serangan yang dilancarkan Israel di wilayah Palestina dalam sepekan terakhir.

Ratusan orang tewas, termasuk anak-anak. Dunia pun mengecam serangan Israel ini.

Akan tetapi, negara-negara Arab belum mengeluarkan pernyataan dan tindak lanjut yang akan dilakukan untuk membantu menghentikan serangan Israel tersebut.

Kenapa negara Arab kini lebih banyak diam? Berita soal ini banyak diikuti pembaca di laman Tren sepanjang Minggu (16/5/2021) hingga Senin (17/5/2021) pagi.

Berita lainnya yang diikuti pembaca seputar larangan mudik yang akan berakhir hari ini.

Selengkapnya, berikut sejumlah berita populer Tren:

1. Kenapa negara Arab kini diam respons konflik Israel-Palestina?

Menurut Dosen Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Ahmad Sahide, diamnya negara-negara Arab karena memiliki ketergantungan sangat tinggi terhadap Amerika Serikat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal, AS memiliki lobi kuat Yahudi untuk menjaga politik luar negerinya, terutama dalam konflik Israel-Palestina.

Hal ini membuat Palestina tidak memiliki dukungan politik dan strategi perjuangan yang kuat seperti Israel.

Simak analisis selengkapnya dalam berita ini:

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X