6 Fakta Eksodus WNA India, Masuk Melalui Bandara Soekarno-Hatta, 12 Orang Positif Covid-19

Kompas.com - 23/04/2021, 20:45 WIB
Calon penumpang pesawat siap berlibur melalui Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (23/12/2020) malam. Kompas.COM/MUHAMMAD NAUFALCalon penumpang pesawat siap berlibur melalui Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (23/12/2020) malam.

KOMPAS.com – Kasus Covid-19 di India mengalami lonjakan yang tinggi dan disebut-sebut sebagai tsunami Covid-19. 

Laporan kasus positif virus corona harian di India mencapai 300.000 dalam beberapa hari terakhir. 

Seiring dengan lonjakan kasus tersebut, disebutkan terjadi eksodus warga negara India yang masuk ke wilayah Indonesia. 

Baca juga: Kasus Harian Covid-19 di India Tembus 260.000 Kasus, Apa Penyebabnya?

Para WNA dari India itu disebut-sebut datang ke Indonesia karena negaranya saat ini mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang tinggi.

Berikut ini sejumlah informasi terkait eksodus WNA India ke Indonesia:

1. Sudah diisolasi

Kepala Sub Direktorat Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Bengat Saragih mengatakan saat ini WNA yang datang dari India tersebut sudah diisolasi di sebuah hotel.

"Kami telah melakukan pemantauan ketat, karena informasi ada eksodus. Jadi, untuk di Soekarno-Hatta kami telah minta tempatkan mereka di satu hotel biar mudah diawasi," kata Bengat dikutip dari Kompas.com, Jumat (23/4/2021).

2. Cek data ke Kemenlu

Terkait adanya dugaan eksodus WNA dari India ke Indonesia, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo telah meminta Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito untuk menanyakan hal tersebut kepada Kemenlu.

"Pak Wiku tolong hubungi Dirjen Imigrasi dan Kemenlu, apa betul (adanya WNA India) ini," kata Doni dikutip dari pemberitaan Jumat (23/4/2021).

Baca juga: Gelombang Kedua Corona di India: Rumah Sakit dan Krematorium Kewalahan

Pihaknya menegaskan tidak ada kebijakan yang mengizinkan WNA masuk di tengah pengendalian kasus.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X