Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17 Segera Dibuka, Ini Kuotanya

Kompas.com - 23/04/2021, 16:45 WIB
Pembuatan akun Kartu Prakerja sudah dibuka mulai Minggu (21/2/2021) Dok. Manajemen Pelaksana Program Kartu PrakerjaPembuatan akun Kartu Prakerja sudah dibuka mulai Minggu (21/2/2021)

KOMPAS.com - Prakerja gelombang ke-17 atau gelombang tambahan Kartu Prakerja di semester 1 tahun 2021 dipastikan akan segera dibuka.

Hal ini disampaikan oleh Head of Communication Management Kartu Prakerja Louisa Tuhatu kepada awak media, Jumat (23/4/2021)

Pembukaan ini dikarenakan ada sejumlah kuota yang masih tersisa dari 2,7 juta kuota yang dibuka untuk semester pertama tahun ini.

Baca juga: Simak, Ini Pentingnya Mengisi Ulasan dan Rating dalam Kartu Prakerja

Sisa kuota

Sisa kuota tersebut berasal dari puluhan ribu pendaftar yang sudah lolos menjadi peserta, namun dicabut kepesertaannya akibat tidak membeli pelatihan hingga batas waktu yang telah ditetapkan. 

"Hingga hari ini Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja telah mencabut kepesertaan 35.809 orang dari gelombang 12-15 yang tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak mereka ditetapkan sebagai peserta Program Kartu Prakerja," kata Louisa. 

Sementara itu, untuk gelombang ke-16 batas pembelian pelatihan masih terbuka hingga Kamis (29/4/2021) pukul 23.59 WIB. 

"Saat ini kami masih memantau pergerakan kepesertaan dari gelombang 16 dari sekitar 300 ribu peserta gelombang 16 ada 12 ribu orang yang belum membeli pelatihan pertamanya," ungkap Louisa. 

Dengan begitu, estimasi kuota peserta untuk gelombang 17 adalah sekitar 47 ribu, tergantung pada berapa banyak peserta gelombang 16 yang hingga akhir tetap tidak membeli pelatihan di platform Prakerja. 

Baca juga: Awas Hangus, Besok Batas Akhir Beli Pelatihan Prakerja Gelombang 14!

Waktu pembukaan Prakerja gelombang 17

Meskipun sudah dapat dipastikan akan dibuka, namun Louisa belum dapat menyampaikan dengan pasti kapan waktu pembukaan pendaftaran gelombang 17.

"Jadwalnya setelah kami selesai melakukan rekonsiliasi data. Segera kami kabari," jawab dia singkat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X