Kompas.com - 19/04/2021, 16:45 WIB
India melaporkan lebih dari 200.000 kasus virus corona baru, pada Kamis (15/4/2021), dengan 14 juta secara keseluruhan terinfeksi, dan semakin intensif membebani sistem perawatan kesehatan yang rapuh.
AP PHOTO/RAJESH KUMAR SINGHIndia melaporkan lebih dari 200.000 kasus virus corona baru, pada Kamis (15/4/2021), dengan 14 juta secara keseluruhan terinfeksi, dan semakin intensif membebani sistem perawatan kesehatan yang rapuh.

KOMPAS.com - Situasi pandemi Covid-19 di India makin hari makin terus memburuk dan menjadi gelombang kedua yang tinggi. 

Hal itu bisa dilihat dari grafik kasus positif yang terus mengalami lonjakan melebihi gelombang pertama. 

Mengacu data Worldometer (19/4/2021), negara ini ada di posisi kedua sebagai negara dengan kasus terbanyak mencapai angka 15.061.919.

Kasus harian infeksi Covid-19 di India dalam beberapa hari terakhir selalu ada di atas 260.000 mendekati 300.000 kasus.

Baca juga: Kasus Harian Covid-19 di India Tembus 260.000 Kasus, Apa Penyebabnya?

Update virus corona di Indiascreenshoot Update virus corona di India

Angka kematian melonjak

Mengutip The Telegraph (16/4/2021) sistem kesehatan di India kini hampir ambruk. 

Setiap harinya, kematian akibat Covid-19 terjadi di rumah sakit-rumah sakit, dan angkanya mencapai lebih dari 1.000 kematian.

Di Kota Raipur mayat-mayat diletakkan berjejer di luar rumah sakit, pihak rumah sakit maupun keamanan tidak bisa membawa mereka ke lokasi pemakaman dengan cepat, karena sangat terbatasnya fasilitas dan petugas.

Sementara itu, di Gujarat krematorium terus menyala, menandakan betapa antrean mayat untuk dikremasi tidak pernah berhenti.

Saking banyaknya, tungku krematorium disebut meleleh, karena tak henti-hentinya digunakan.

Baca juga: Belajar dari Tsunami Kasus Covid-19 di India: Terlena Pangkal Petaka

Petugas kesehatan kelelahan

Sementara itu, para petugas kesehatan di rumah sakit sudah begitu kelelahan dan sering mengusir ratusan pasien kritis setiap harinya, akibat penuhnya kamar-kamar perawatan yang tersedia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X