Hong Kong Tangguhkan Penerbangan dari 3 Negara Ini akibat Covid-19

Kompas.com - 19/04/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi: Salah satu pesawat Hong Kong Airlines wikipedia.orgIlustrasi: Salah satu pesawat Hong Kong Airlines

KOMPAS.com - Hong Kong akan menangguhkan penerbangan dari India, Pakistan, dan Filipina yang akan berlaku selama dua minggu mulai Selasa (20/4/2021).

Melansir CNA, hal tersebut dilakukan setelah mutasi virus corona N501Y terdeteksi di pusat keuangan Asia untuk pertama kalinya.

Kebijakan penangguhan penerbangan yang diambil Hong Kong berdampak pada sejumlah maskapai, seperti Cathay Pacific, Hong Kong Airlines, Vistara, dan Cebu Pacific.

Baca juga: Kasus Harian Covid-19 di India Tembus 260.000 Kasus, Apa Penyebabnya?

Negara risiko tinggi Covid-19

India, Pakistan, dan Filipina diklasifikasikan sebagai negara dengan risiko sangat tinggi, setelah terdapat beberapa kasus impor yang membawa Hong Kong dalam kekhawatiran selama 14 hari terakhir.

Pada Minggu (18/4/2021), Hong Kong melaporkan sebanyak 30 kasus baru virus corona, dengan 29 kasus impor dan menjadi kasus harian tertinggi sejak 15 Maret.

Sementara itu, sejauh ini Hong Kong mencatat lebih dari 11.600 kasus Covid-19 dan 209 kematian.

Baca juga: Korea Selatan dan Hong Kong Mulai Vaksinasi Covid-19

Vaksinasi

Dikutip dari Reuters, otoritas kesehatan Hong Kong telah mendesak penduduk setempat agar segera mendapatkan vaksinasi virus corona.

Hingga saat ini, hanya sekitar 9 persen dari 7,5 juta penduduk Hong Kong yang sudah mendapatkan vaksinasi.

Pekan lalu pemerintah memperluas skema vaksin dengan melibatkan orang berusia 16-29 tahun, yang bertujuan meningkatkan semangat vaksinasi di masyarakat.

Baca juga: Filipina Laporkan Kasus Pertama Varian Baru Virus Corona yang Terdeteksi di Brazil

Kasus di India, Filipina, dan Pakistan

Melansir Worldometers pada Senin (19/4/2021) hingga pukul 11.15 WIB, India telah melaporkan adanya 4.152 kasus baru infeksi Covid-19.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X