Gejala Baru Covid-19 Saat Terjadi Gelombang Kedua di India, Apa Saja?

Kompas.com - 20/04/2021, 10:45 WIB
India melaporkan lebih dari 200.000 kasus virus corona baru, pada Kamis (15/4/2021), dengan 14 juta secara keseluruhan terinfeksi, dan semakin intensif membebani sistem perawatan kesehatan yang rapuh.
AP PHOTO/RAJESH KUMAR SINGHIndia melaporkan lebih dari 200.000 kasus virus corona baru, pada Kamis (15/4/2021), dengan 14 juta secara keseluruhan terinfeksi, dan semakin intensif membebani sistem perawatan kesehatan yang rapuh.

KOMPAS.com - India mengalami gelombang kedua tsunami virus corona Covid-19 yang parah. 

Kasus harian infeksi positif yang dilaporkan dalam beberapa hari terakhir mencapai lebih dari 250.000 kasus. Korban meninggal karena Covid-19 juga terus melonjak. 

Lonjakan kasus Covid-19 di India diduga salah satunya karena varian virus corona atau mutasi ganda yang diketahui lebih menular. 

Dikutip dari Zee News (19/4/2021), dari lonjakan kasus tersebut juga menunjukkan sejumlah gejala yang sebelumnya tidak ditemukan pada kasus-kasus infeksi Covid-19 sebelumnya. 

Baca juga: Gelombang Kedua Corona di India: Rumah Sakit dan Krematorium Kewalahan

Gejala Covid-19 varian terbaru

Gejala-gelaja tersebut adalah sebagai berikut:

1. Sakit tenggorokan

Jika tenggorokan Anda merasa gatal atau merasa ada pembengkakan, itu bisa menjadi indikator sakit tenggorokan, yang merupakan salah satu gejala infeksi Covid-19 yang paling umum. Gejala ini telah terlihat di lebih dari 52 persen kasus di seluruh dunia.

2. Kelelahan

Para ahli di Inggris telah mengungkapkan bahwa banyak pasien Covid-19 yang melaporkan kondisi kelelahan sebagai salah satu tanda awal infeksi.

Banyak orang telah melaporkan tanda-tanda kelelahan sebelum dinyatakan positif terkena virus.

Baca juga: Sejumlah Negara Alami Lonjakan Kasus Corona, Menkes Minta Masyarakat Waspada

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X