Sejumlah Negara Alami Lonjakan Kasus Corona, Menkes Minta Masyarakat Waspada

Kompas.com - 19/04/2021, 12:05 WIB
Health Minister Budi Gunadi Sadikin. DOK BNPBHealth Minister Budi Gunadi Sadikin.

KOMPAS.com - Pandemi virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 belum berakhir, dengan kasus baru infeksi masih terus dilaporkan di sejumlah negara.

Lonjakan kasus Covid-19 secara global masih terbilang tinggi, bahkan mencapai ratusan ribu kasus baru harian tercatat dalam beberapa waktu terakhir.

Baca juga: Kasus Harian Covid-19 di India Tembus 260.000 Kasus, Apa Penyebabnya?

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin juga terus mengimbau masyarakat mewaspadai lonjakan gelombang kasus Covid-19 dunia.

“Ada kenaikan lonjakan gelombang yang tinggi di negara-negara di Eropa, negara Asia khususnya India, Filiphina juga di Papua Nugini dan juga di negara Amerika Selatan seperti Chili dan Brasil,” ujar Budi di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng seperti dikutip dari Kompas TV, Minggu (18/4/2021).

Vaksinasi tidak menurunkan kewaspadaan

Budi berharap, program vaksinasi nasional yang saat ini masih berlangsung, tidak membuat masyarakat menurunkan kewaspadaan terhadap ancaman Covid-19.

Lonjakan kasus, lanjut dia, bisa terjadi kapan saja. Sehingga masyarakat diminta untuk selalu menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

“Jangan sampai usaha keras kita selama ini jadi sia-sia, karena kita lupa dan kurang waspada," kata Budi. 

Pihaknya meminta masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, menjaga jarak dan tak lupa rajin mencuci tangan. 

Mengenai vaksinasi, Budi mengatakan fokus saat ini adalah pemberian vaksin kepada petugas publik dan lansia. 

Baca juga: Menkes: Kasus Covid-19 Kita Sudah Turun, Jangan Sampai Ada Lonjakan

Kasus di dunia dan Indonesia

Sebagai informasi, melansir Worldometers pada Senin (18/4/2021) pukul 10.30 WIB, virus corona telah menginfeksi sebanyak 141.999.954 orang di dunia.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 120.531.685 orang telah sembuh dan virus menewaskan 3.032.865 orang di dunia.

Sementara itu, melansir covid19.go.id, kasus positif di Indonesia sebanyak 1.604.348 kasus.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X