Membersihkan Lempengan Setrika Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Kompas.com - 09/04/2021, 14:10 WIB
Ilustrasi setrika Pixabay/CongerDesignIlustrasi setrika

KOMPAS.com - Setrika adalah alat rumah tangga vital yang digunakan untuk merapikan pakaian. 

Setrika harus bersih agar bisa bekerja maksimal. Bagian bawah setrika yang kotor bisa membuat pakaian bersih terkena noda-noda yang susah dibersihkan.

Bagian bawah setrika bisa kotor karena banyak faktor. Karena suhu terlalu panas sehingga setrika menempel di bahan sablon kaos, adalah salah satu faktornya. 

Bahan karet pada sablon kaos akan merekat erat di besi setrika. Dan noda ini akan susah dibersihkan jika sudah menempel di permukaan kain.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan bagian bawah setrika ini. Yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah Anda temukan di dalam rumah.

Baca juga: Baju Rapi Tanpa Setrika, Begini Caranya

1. Gunakan pasta gigi

Melansir dari laman Huffpost, pasta gigi adalah salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan lempengan besi setrika. 

Untuk membersihkannnya, setrika harus dalam keadaan dingin dan tak tersambung ke arus listrik.

Ilustrasi pasta gigiPixabay/Bru-NO Ilustrasi pasta gigi

Ambil pasta gigi, usapkan ke bagian bawah setrika. Kemudian dengan menggunakan lap, gosok lempengan setrika dengan gerakan maju mundur selama beberapa kali.

Setelah diusap dan digosok selama beberapa menit, lempengan setrika akan bebas dari noda material-material gosong yang menempel.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X