Kompas.com - 08/04/2021, 10:40 WIB
Ilustrasi setrika shutterstockIlustrasi setrika

JAKARTA, KOMPAS.com — Seperti kita tahu, aromaterapi mampu meningkatkan mood atau suasana hati. Untuk itu, aroma menyenangkan ini bisa kamu tambahkan pada semprotan setrika, untuk membuat tugas merapikan pakaian ini menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, aromaterapi yang tertinggal pada baju, akan terhirup dan membuatmu lebih rileks saat memakainya nanti.

Di pasaran, semprotan setrika memang banyak dijual dan menawarkan beragam aroma. Namun, kamu juga bisa membuatnya sendiri.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Setrika Uap Lebih Baik Daripada Setrika Biasa

Cara membuatnya pun cukup mudah. Untuk membuat semprotan setrika beraroma sendiri, kamu memerlukan hal berikut ini, seperti dikutip dari Iron It Away, Kamis (8/4/2021). 

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Botol semprot kosong yang bersih
  • Air suling atau air yang dimurnikan
  • Minyak esensial pilihan (lavender, vanilla, citrus, mint, dan lainnya) 

Langkah membuat:

Isi botol semprot dengan air suling atau air yang dimurnikan. Kemudian tambahkan beberapa tetes minyak esensial. Berhati-hatilah untuk tidak menambahkan terlalu banyak.

Baca juga: Tips Membersihkan Noda pada Setrika

 

Minyak atsiri sangat pekat sehingga kamu hanya perlu beberapa tetes. Jumlah pasti tetes yang harus kamu gunakan bergantung pada ukuran botol. Untuk setiap 1 liter air, kamu cukup menambahkan sekitar 5-6 tetes minyak esensial.

Untuk botol yang jauh lebih kecil, kamu hanya perlu 1-2 tetes. Campur dengan diaduk atau dikocok kuat-kuat agar aromanya menyebar ke seluruh air.

Cara menggunakan air setrika beraroma

Cukup semprotkan sedikit air wangi ke atas kain sebelum menyetrika seperti biasa. Tarik napas dalam-dalam dan nikmati aromanya saat air menguap. Aroma yang tertinggal juga akan membuat pakaian beraroma seperti minyak esensial favoritmu.

Apakah minyak esensial tidak akan menodai pakaian?

Itu pertanyaan yang wajar. Setelah minyak, minyak dan lemak biasanya bisa meninggalkan noda pada pakaian.

 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X