Kompas.com - 08/03/2021, 11:55 WIB
Alexander Graham Bell penemu telepon britannica.comAlexander Graham Bell penemu telepon

KOMPAS.com - Alexander Graham Bell adalah seorang ilmuwan dan penemu kelahiran Skotlandia yang terkenal karena menemukan perangkat telepon pertama pada tahun 1876, dan mendirikan Perusahaan Telepon Bell pada 1877.

Melansir History, proses penemuan telepon itu bermula pada tahun 1871.

Kala itu, Bell mulai mengerjakan telegraf harmonik, perangkat yang memungkinkan banyak pesan dikirim melalui kabel pada saat yang bersamaan.

Saat mencoba menyempurnakan teknologi tersebut, Bell juga mengerjakan proyek lain, yakni mencari cara untuk mengirimkan suara manusia melalui kabel.

Pada tahun 1875, Bell, dengan bantuan rekannya Thomas Watson, berhasil menemukan perangkat sederhana yang dapat mengubah listrik menjadi suara.

Dia kemudian mendaftarkan temuannya itu ke kantor paten, dan menerima hak paten atas perangkat tersebut pada 7 Maret 1876.

Alexander Graham Bell tercatat sebagai pemegang hak paten sekaligus penemu dari telepon, yang kemudian membawa perubahan besar dalam cara komunikasi umat manusia,.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa hari setelah menerima hak paten, Bell melakukan panggilan telepon pertama yang tercatat dalam sejarah, yang ditujukan kepada Watson.

"Mr. Watson, datanglah kemari. Aku ingin bertemu," kata Bell dalam sambungan telepon itu.

Baca juga: Profil Penemu Kamera Pengawas Rumah: Marie Van Brittan Brown

Lahir di Edinburgh, Skotlandia

Melansir Biography, Alexander Graham Bell lahir di Edinburgh, Skotlandia, pada 3 Maret 1847. Dia adalah anak kedua dari Alexander Melville Bell dan Eliza Grace Symonds Bell.

Nama 'Alexander' berasal dari nama kakek dari pihak ayah, sedangkan nama tengah 'Graham' ditambahkan ketika dia berumur 10 tahun.

Bell memiliki dua saudara laki-laki, Melville James Bell dan Edward Charles Bell, keduanya meninggal dunia karena TBC.

Bell tumbuh dewasa dalam pengaruh kental keluarga dan lingkungan kelahirannya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.