Timun, Tomat, Jagung, Cabai, Labu, Termasuk Buah atau Sayur?

Kompas.com - 07/03/2021, 20:27 WIB
Ilustrasi timun. Dok. Shutterstock/IZZ HAZELIlustrasi timun.

KOMPAS.com - Pernahkah Anda bingung saat mengklasifikasikan timun, tomat, atau bahan makanan lainnya, termasuk sayur atau buah

Sebelum mengidentifikasi apakah satu bahan makanan merupakan buah atau sayur, kita harus memahami terlebih dahulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan sayur dan apa yang disebut dengan buah.

Mengutip Live Science, keduanya dapat dibedakan dengan melihat dari bagian asalnya.

Disebut sebagai buah adalah bagian tanaman yang memiliki struktur penghasil biji dan berkembang dari ovarium tanaman berbunga.

Bagian selain itu, misalnya yang berasal dari akar, batang, maupun daun disebut sebagai sayur.

Itu dari sisi botanis. Akan tetapi, berbeda jika dipandang dari sisi kuliner.

Ada yang dalam kacamata botanis termasuk buah jika tidak memiliki rasa manis atau masam layaknya buah, maka akan dikelompokkan sebagai sayur di ranah dapur. Misalnya terong, paprika, dan tomat.

Baca juga: Bolehkah Sayur Bayam Dipanaskan? Ini Jawabannya!

Bagaimana mengklasifikasikan timun, tomat, jagung, cabai dan labu?

Timun

Berangkat dari definisi sayur dan buah yang telah dijelaskan sebelumnya, mentimun bisa dikelompokkan sebagai buah maupun sayur.

Dari segi botanis, mentimun memiliki biji dan dihasilkan dari bunga, maka termasuk buah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X