Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Penemu Kamera Pengawas Rumah: Marie Van Brittan Brown

Kompas.com - 18/02/2021, 16:20 WIB
Rosy Dewi Arianti Saptoyo,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siapa penemu sistem keamanan di rumah? Tahukah Anda, sistem keamanan rumah yang saat ini diterapkan merupakan temuan seorang perempuan kulit hitam bernama Marie Van Brittan Brown.

Temuan ini berawal dari keresahan Marie Van Brittan Brown terhadap lingkungan dan rasa kurang percaya terhadap polisi.

Marie Van Brittan Brown memikirkan cara untuk dapat memantau dari dalam rumah siapa orang yang ada di depan pintu rumah.

Akhirnya, Marie dan suaminya mampu menciptakan sistem keamanan rumah.

Berikut profil Marie Van Brittan Brown.

Latar politik

Marie Van Brittan Brown lahir pada1922. Ia tinggal di Jamaica, Queens, New York City, bersama suaminya bernama Albert Brwon. Pernikahan mereka dikaruniai dua orang anak.

Dilansir dari BBC, Marie bekerja sebagai seorang perawat. Suaminya bekerja sebagai teknisi elektronik dan sering bekerja malam hari.

Kejahatan di lingkungan mereka tinggi, dan polisi sering kali lamban dalam menanggapi panggilan darurat.

Marie lahir sebagai ras campuran Afrika dan Amerika. Pada masa itu, diskriminasi ras sangat gencar di Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Profil Penemu Wiper Mobil: Mary Anderson

Warga kulit hitam mendapat perlakuan diskriminatif dan dianggap sebagai masyarakat kelas dua.

Kerusuhan ras terus memanas di kota-kota di Amerika. Dilansir dari History.com, pada puncaknya kerusuhan ras terbesar dan paling kejam dalam sejarah AS terjadi pada 1967.

Terjadi pertumpahan darah, pembakaran dan penjarahan selama lima hari. Kerusuhan menyebabkan 43 orang tewas, 342 terluka, hampir 1.400 bangunan telah dibakar dan sekitar 7.000 Pengawal Nasional dan pasukan Angkatan Darat AS turun tangan.

Dalam kondisi semacam itu, Marie memikirkan cara agar rumah dan keluarganya tetap aman di tengah kerusuhan dan diskriminasi ras.

Penemuan sistem

Brown ingin merasa lebih aman di rumahnya. Ia memikirkan cara untuk melihat dan mendengar siapa yang ada di depan pintu rumahnya, dari ruangan di mana pun dalam rumah.

Pada 1966, Brown merancang sistem keamanan sirkuit tertutup yang memantau pengunjung melalui kamera dan memproyeksikan gambar mereka ke monitor televisi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com