Fenomena Waterspout di Waduk Gajah Mungkur, Apa Bahayanya?

Kompas.com - 21/01/2021, 18:05 WIB
Fenomena waterspout. ISTIMEWAFenomena waterspout.

KOMPAS.com - Pada Rabu (20/1/2021), terjadi waterspout di Waduk Gajah Mungkur. Warga sekitar sempat mengira waterspout itu adalah angin puting beliung, karena bentuknya yang mirip.

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Andi Pangerang, menjelaskan, secara visual, waterspout dapat dikenali dari bentuknya yang seperti belalai atau corong pipa panjang dan terlihat turun dari awan jenis cumulus congestus atau cumulonimbus.

" Waterspout merupakan tornado yang terkoneksi dengan air dan memiliki skala mikro. Fenomena ini hanya dapat terjadi di atas danau, tambak, sungai, bendungan, dan lain-lain," ujar Andi kepada Kompas.com, Kamis (21/1/2021).

Andi mengatakan, waterspout berbeda dengan angin puting beliung atau small tornado.

Angin puting beliung memiliki kecepatan angin dan dampak kerusakan pada kisaran di bawah skala F-2 (Skala Fujita-2, menurut ahli tornado keturunan Jepang Tetsuya Fujita dari Universitas Chicago).

Dengan demikian, angin puting beliung memiliki lintasan kurang dari satu kilometer dengan durasi hidup di bawah satu jam.

Baca juga: Puting Beliung di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Ini Cara Selamatkan Diri Menurut BNPB

Sementara itu, waterspout tornado yang terkoneksi dengan air dan memiliki skala mikro.

Andi mengatakan, diameternya berkisar 30-50 meter dengan durasi antara 1-2 jam.

Menurut dia, waterspout juga berbahaya seperti angin puting beliung karena dapat merusak bangunan.

"Sepengetahuan saya, waterspout dapat merusak bangunan sebagaimana puting beliung," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X