3 Cara Dapatkan Subsidi dan Token Listrik Gratis Januari hingga Maret 2021

Kompas.com - 01/01/2021, 11:02 WIB
Ilustrasi listrik PLN dok PLNIlustrasi listrik PLN

KOMPAS.com - Pemerintah melalui PT PLN (Persero) kembali memberikan bantuan subsidi listrik dan diskon bagi pelanggannya.

Sebelumnya, keringanan biaya listrik bagi pelanggan kategori tertentu ini diberikan sejak awal pandemi virus corona hingga Desember 2020.

Kini, diperpanjang hingga Maret 2021.

"Secara sistem kami sudah siap untuk kembali menyalurkan, karena ini sifatnya perpanjangan. Kami optimistis penyaluran dapat berjalan dengan baik," ujar Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN, Bob Saril dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (1/1/2021).

Subsidi dan token listrik gratis ini dapat dinikmati mulai 7 Januari 2021.

Tak berbeda dengan sebelumnya, bagi pelanggan pasca bayar, bantuan langsung masuk dalam tagihan masing-masing pelanggan.

Sementara, untuk pelanggan prabayar atau yang menggunakan sistem token, besaran bantuan diberikan sama dengan bantuan pada tahun 2020.

Berikut kategori pelanggan yang mendapatkan stimulus listrik ini:

  • Diskon 100 persen untuk pelanggan listrik kategori 450 VA
  • Diskon 50 persen untuk pelanggan kategori daya 900 VA bersubsidi yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraaan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial
  • Pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA yang akan diberikan diskon 100 persen tagihan listrik.

Baca juga: Kabar Gembira, Subsidi Listrik PLN Diperpanjang hingga Maret 2021!

Bagaimana cara mendapatkannya?

Ada penambahan dalam tata cara klaim atau cara mendapatkan subsidi listrik ini.

Sebelumnya, klaim dapat dilakukan melalui website resmi PT PLN dan melalui WhatsApp.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X