Bukan China, Berikut 3 Negara yang Disebut Jadi Tempat Asal Virus Corona

Kompas.com - 29/11/2020, 13:04 WIB
Ilustrasi Covid-19 di India. BBC IndonesiaIlustrasi Covid-19 di India.

KOMPAS.com - Pandemi sudah berlangsung hampir satu tahun, namun sejumlah hal terkait dengan virus corona baru atau SARS-CoV-2 belum diketahui. Termasuk soal asalnya.

Pada awal wabah, disebutkan virus corona pertama kali terdeteksi di pasar hewan di Wuhan, China.

Hal itu membuat Amerika Serikat menuduh China bersalah atas pandemi yang terjadi. Namun, China membantah dengan menuduh balik Amerika Serikat.

Sejumlah penelitian pun dilakukan untuk mencari asal virus corona tersebut. 

Baca juga: Update Corona Global: 62,5 Juta Positif | Malaysia Tunda Pemilu

Berikut tiga negara yang disebut menjadi tempat asal virus corona penyebab Covid-19:

1. India

Sejumlah peneliti asal China mengklaim virus corona baru atau SARS-CoV-2 berasal dari India.

Diberitakan Express, Sabtu (28/11/2020), virus corona dalam penelitian tersebut diduga menular dari hewan ke manusia saat  gelombang panas pada awal musim panas 2019 terjadi di India.

Gelombang panas disebut telah meningkatkan interaksi antara manusia dan hewan. Interaksi itu didapat saat hewan liar, seperti monyet, terlibat perebutan air yang mematikan. 

Melansir Daily Mail, Jumat (27/11/2020), penelitian tentang asal virus corona tersebut dilakukan Akademi Ilmu Pengetahuan China yang dipimpin Dr Shen Libing.

Dalam makalah, disebutkan tim peneliti menggunakan analisis filogenetik, yaitu studi tentang bagaimana virus bermutasi untuk mencoba melacak asal-usul Covid-19.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X