Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penelitian Ungkap Sebagian Kota Besar di China Terancam Tenggelam pada 2120

Kompas.com - 24/04/2024, 10:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian kota-kota besar di China terancam tenggelam pada 2120 akibat penyerapan air tanah masif, beratnya beban bangunan, serta infrastruktur perkotaan.

Hal itu terungkap lewat sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Science, pada Kamis (18/4/2024).

Dikutip dari New York Times, beberapa kota yang terancam tenggelam hampir 100 tahun mendatang di antaranya kota besar seperti Beijing, Tianjin, kota-kota di bagian timur China, serta wilayah di sepanjang pantai.

Selain beberapa faktor pemicu penurunan permukaan tanah di atas, ancaman lingkungan ini kian nyata dengan penurunan kenaikan permukaan air laut secara global. 

Baca juga: Remaja di China Donasi Plasma 16 Kali dalam 8 Bulan demi Uang, Berakhir Meninggal Dunia


Penurunan permukaan tanah lebih dari 3 milimeter per tahun

Studi di atas dilakukan dengan cara mengukur penurunan permukaan tanah di setiap kota di China dengan populasi lebih dari 2 juta orang selama periode 2015-2022.

Dari 82 kota yang diteliti para ahli, sebanyak 45 persen wilayah mengalami penurunan permukaan tanah lebih dari 0,1 inci (3 milimeter) per tahun.

Sedangkan 16 persen wilayah lainnya mengalami penurunan permukaan tanah lebih dari 0,4 inci (10 mm) per tahun.

Kota-kota besar tersebut merupakan rumah bagi tiga perempat populasi perkotaan di China, yang berpenduduk 920 juta orang pada 2020. Jumlah populasi ini terbesar di dunia.

"Penurunan permukaan tanah tampaknya terkait dengan berbagai faktor seperti pengambilan air tanah dan beratnya beban bangunan," tulis para peneliti dalam studi tersebut dilansir dari Live Science.

"Gedung-gedung bertingkat tinggi bermunculan, sistem jalan meluas, dan air tanah digunakan dengan sangat masif," sambungnya.

Baca juga: Viral, Video 3 Pelari Melambat Beri Jalan Atlet China Menangkan Beijing Half Marathon

Penurunan tanah penyebab kota-kota tenggelam

Meskipun sudah diketahui bahwa kota-kota di China mengalami penurunan tanah, penelitian ini memberikan gambaran awal persoalan ini dalam skala nasional.

Berikut beberapa faktor yang kemungkinan menjadi penyebab signifikan tenggelamnya kota-kota besar di China:

  • Eksploitasi air tanah

Para peneliti menggunakan data dari satelit Sentinel-1, yang mengukur perubahan vertikal di permukaan Bumi dengan instrumentasi Interferometric Synthetic Aperture Radar (InSAR).

Selain itu, mereka juga menggabungkan hasil pergerakan tanah dengan penilaian air tanah dari sumur pemantauan beserta data berat bangunan.

"Selain pola penurunan permukaan tanah secara nasional, kami mengidentifikasi beberapa faktor alam dan manusia yang terkait dengan penurunan permukaan tanah," tulis tim peneliti.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com