Cek Fakta Sepekan: Pernyataan Aliansi Dokter Dunia hingga Masker SNI

Kompas.com - 01/11/2020, 18:00 WIB
Status Facebook soal klaim dari Aliansi Dokter Sedunia bahwa tidak ada pandemi. Menurut mereka, virus Covid-19 sama dengan flu biasa. FacebookStatus Facebook soal klaim dari Aliansi Dokter Sedunia bahwa tidak ada pandemi. Menurut mereka, virus Covid-19 sama dengan flu biasa.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Narasi soal Covid-19 yang tidak benar atau perlu diluruskan terus bertebaran di media sosial sepanjang pekan ini.

Salah satu narasi yang menyorot banyak perhatian yakni pernyataan Aliansi Dokter Dunia bahwa Covid-19 tidak lebih ganas dari flu biasa.

Aliansi juga menyerukan agar orang-orang tidak perlu menggunakan masker, melakukan pembatasan sosial, dan melakukan karantina.

Narasi lain menyeret nama Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat.

Narasi vaksin flu yang saat ini hangat dibicarakan juga menyebar secara keliru di media sosial.

Berikut lima narasi yang beredar di media sosial yang sudah dibongkar dan dikategorikan sebagai hoaks dan klarifikasi oleh tim Cek Fakta Kompas.com.

[HOAKS] Pernyataan Aliansi Dokter Sedunia Seputar Covid-19

Tersiar luas di media sosial pernyataan dari Aliansi Dokter Dunia bahwa Covid-19 tidak lebih ganas dari flu biasa. Aliansi juga menyatakan sesungguhnya tidak ada pandemi dan menilai tes PCR (polymerase chain reaction) menghasilkan positif palsu.

Dengan demikian, Aliansi menyerukan orang-orang agar tidak perlu melakukan pembatasan sosial, memakai masker, hingga melakukan karantina.

Narasi yang disampaikan Aliansi Dokter Dunia itu tidak benar. WHO menilai Covid-19 lebih berbahaya daripada flu biasa. Hal ini terbukti dari jumlah penderita Covid-19 yang masuk kategori infeksi parah dan kritis lebih tinggi ketimbang penderita influenza.

Sejak Maret 2020, WHO menetapkan Covid-19 sebagai pandemi karena tingkat penyebaran dan keparahannya yang sangat mengkhawatirkan. Sementara, profesor epidemiologi dari Harvard menegaskan hasil tes PCR akurat.

Informasi utuh soal ini dapat Anda simak lewat tautan berikut

[HOAKS] Pernyataan Aliansi Dokter Sedunia Seputar Covid-19

 

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X