Patut Disimak, Ini Alasan Dokter Pakai Baju Warna Hijau saat Operasi

Kompas.com - 24/10/2020, 14:03 WIB
Ilustrasi operasi Ilustrasi operasi

KOMPAS.com - Dokter identik dengan bajunya yang berwarna putih, warna yang selalu diasosiasikan dengan kebersihan.

Selain itu, jas dokter dan perawat saat bertugas berwarna putih.

Namun, hal berbeda akan ditemui di ruang operasi, ketika mereka mengenakan pakaian serba hijau atau berwarna hijau kebiruan.

Tak banyak yang tahu mengapa terdapat perbedaan soal hal tersebut. Penasaran?

Baca juga: 5 Pandangan Para Dokter Paru untuk Vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Simak alasannya berkut ini:

Dapat membantu melihat dengan baik

Dikutip dari Live Science, penggunaan baju berwarna hijau atau biru dapat membantu para dokter untuk melihat dengan lebih baik.

Pada awal abad ke-20, salah satu dokter yang berpengaruh beralih ke warna hijau, karena dia pikir itu akan lebih mudah pada mata seorang ahli bedah.

Menurut sebuah artikel dalam edisi 1998, hijau cocok untuk membantu dokter melihat lebih baik di ruang operasi karena merupakan kebalikan dari merah pada roda warna.

Warna hijau atau biru bisa membantu dokter melihat lebih baik karena dua alasan.

Pertama, melihat warna hijau atau biru atau bisa menyegarkan visi dokter dari hal-hal merah, termasuk organ dalam berdarah pasien selama operasi, dan yang kedua otak menafsirkan warna relatif satu sama lain.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X