Selain Gedung Kejagung, Ini Sederet Kebakaran yang Disebabkan Puntung Rokok

Kompas.com - 24/10/2020, 11:02 WIB
Kebakaran di Gedung Kejaksaan Agung, Jalan Sultan Hasanudin Dalam, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (22/8/2020) malam. Hingga saat ini, 31 unit pemadam kebakaran dan 135 personel diterjunkan untuk memadamkan api. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGKebakaran di Gedung Kejaksaan Agung, Jalan Sultan Hasanudin Dalam, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (22/8/2020) malam. Hingga saat ini, 31 unit pemadam kebakaran dan 135 personel diterjunkan untuk memadamkan api.

KOMPAS.com - Pihak Kepolisian RI mengungkapkan puntung rokok menjadi penyebab kebakaran gedung Kejaksaan Agung (Kejagung).

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen (Pol) Ferdy Sambo mengungkapkan, puntung rokok tersebut merupakan milik para tukang.

Mereka disebut merokok dan membuang puntungnya secara sembarangan.

 

"Mereka merokok di ruangan tempat bekerja di mana pekerjaan-pekerjaan tersebut memiliki bahan-bahan yang mudah terbakar, seperti tiner, lem aibon, dan beberapa bahan-bahan yang mudah terbakar lainnya," ujar Ferdy saat konferensi pers di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Jumat (23/10/2020).

Baca juga: Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung, Komisi Kejaksaan Minta Kejagung Lakukan Sejumlah Hal Ini

Kebakaran yang diduga dipicu puntung rokok bukan hanya terjadi di gedung Kejaksaan Agung.

Berikut adalah sederet kejadian kebakaran yang diakibatkan oleh puntung rokok:

1. Gerbong kereta

Kejadian kebakaran yang diakibatkan puntung rokok pernah terjadi di salah satu gerbong kereta api.

Diberitakan Harian Kompas, 28 Juni 1966, terdapat salah satu gerbong dari kereta api yang terbakar habis ketika sedang berhenti di Stasiun Idjo.

Penyebab kebakaran berasal dari api rokok dari salah satu kondektur yang saat itu sedang merokok.

Adapun, gerbong yang terbakar adalah gerbong penumpang yang dirangkaikan dengan gerbong-gerbong barang. Beruntungnya, para penumpang di gerbong tersebut berhasil menyelamatkan diri.

Kondektur tersebut pun dihukum untuk mempertanggung jawabkan kesalahannya.

Baca juga: Deretan Peristiwa Kebakaran di Gedung DPR RI

2. Perusahaan dan pabrik

Puntung rokok juga menjadi penyebab kebakaran dari sebuah perusahaan konveksi di Bogor, Jawa Barat, pada 1985.

Harian Kompas pada 12 Oktober 1985 memberitakan, perusahaan konveksi milik Hartono tersebut musnah dilalap si jago merah hingga tak bersisa.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X