Hari Ini dalam Sejarah: PBB Didirikan, Bagaimana Awal Mulanya?

Kompas.com - 24/10/2020, 07:03 WIB
Ilustrasi PBB Alexandros Michailidis / Shutterstock.comIlustrasi PBB

KOMPAS.com - Hari ini 75 tahun lalu, tepatnya 24 Oktober 1945, United Nation (UN) atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) didirikan.

Dilansir laman resmi UN, PBB adalah organisasi internasional yang didirikan pada tahun 1945 setelah Perang Dunia II oleh 51 negara.

Organisasi itu berkomitmen menjaga perdamaian dan keamanan internasional, mengembangkan hubungan persahabatan antarbangsa dan mempromosikan kemajuan sosial, standar hidup yang lebih baik, dan hak asasi manusia.

PBB dapat mengambil tindakan pada berbagai masalah. Pekerjaan PBB mencapai setiap sudut dunia.

Baca juga: Sanksi PBB untuk Korea Utara Diwacanakan Dicabut di Tengah Krisis 

Selain itu, PBB menyediakan forum bagi 193 negara anggota untuk mengungkapkan pandangannya melalui Majelis Umum, Dewan Keamanan, Dewan Ekonomi dan Sosial, serta badan dan komite lainnya.

PBB memiliki 4 tujuan utama:

  1. Untuk menjaga perdamaian di seluruh dunia;
  2. Untuk mengembangkan hubungan persahabatan antar negara;
  3. Untuk membantu negara-negara bekerja sama untuk meningkatkan kehidupan orang-orang miskin, untuk menaklukkan kelaparan, penyakit dan buta huruf, dan untuk mendorong penghormatan terhadap hak dan kebebasan satu sama lain;
  4. Menjadi pusat penyelarasan tindakan bangsa untuk mencapai tujuan tersebut.

Dikutip Ensiklopedi Britannica, PBB memiliki kantor besar di Kota New York. Namun, PBB juga memiliki kantor regional di Jenewa, Wina, dan Nairobi.

Bahasa resmi yang digunakan PBB adalah Arab, Cina, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol.

 Baca juga: Bali Tuan Rumah Forum PBB 2022, Jokowi: Momentum Promosi Wisata

Bagaimana lahirnya PBB?

Perang Dunia II adalah cikal bakal lahirnya PBB. Saat terjadi Perang Dunia II orang-orang dari berbagai negara menginginkan sebuah organisasi yang bisa menjadi penengah dan mendamaikan mereka.

Sebelum PBB muncul, sudah ada Liga Bangsa-Bangsa, namun tujuan perdamaian belum tercapai. Para Sekutu sepakat membentuk organisasi global baru untuk membantu mengelola urusan internasional.

Perjanjian itu pertama kali diwujudkan saat Presiden AS kala itu Franklin D. Roosevelt dan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill menandatangani Piagam Atlantik pada Agustus 1941.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X