6 Galaksi Terjebak di Lubang Hitam, Ini Temuan Para Astronom

Kompas.com - 24/10/2020, 13:03 WIB
Ilustrasi material luar angkasa dan bintang masuk ke dalam pusara lubang hitam supermasif. SHUTTERSTOCK/Jurik PeterIlustrasi material luar angkasa dan bintang masuk ke dalam pusara lubang hitam supermasif.

KOMPAS.com - Para astronom menemukan enam galaksi terperangkap dalam lubang hitam supermasif atau supermassive black hole.

Lubang hitam selama ini dikenal dapat menyerap apa pun yang ada di dekatnya, termasuk hal besar seperti galaksi.

Dilansir Science Alert, 2 Oktober 2020, para astronom menemukan keenam galaksi terjebak di lubang hitam setelah Big Bang (ledakan dahsyat).

Lubang hitam yang muncul pada awal sejarah alam semesta diperkirakan terbentuk dari runtuhnya bintang-bintang pertama. Tetapi para astronom masih belum mengetahui bagaimana itu bisa berkembang menjadi raksasa.

Lubang hitam baru yang ditemukan belum lama ini memiliki berat 1 miliar kali massa Matahari kita dan ditemukan oleh European Southern Observatory (ESO).

Baca juga: Bagaimana Lubang Hitam Supermasif dapat Membunuh Galaksi Inangnya?

Para ilmuwan mengatakan temuan itu membantu memberikan penjelasan tentang bagaimana lubang hitam supermasif, seperti yang ada di pusat Bima Sakti, bisa berkembang.

Para astronom percaya filamen yang menjebak gugus galaksi membawa cukup gas untuk "memberi makan" lubang hitam, sehingga memungkinkannya untuk tumbuh.

"Filamen jaring kosmik seperti benang jaring laba-laba. Galaksi-galaksi berdiri dan tumbuh di tempat bersilangannya filamen, dan aliran gas tersedia untuk bahan bakar galaksi dan lubang hitam supermasif pusat dapat mengalir di sepanjang filamen," kata astronom di National Institute for Astrophysics (INAF) di Bologna, Marco Mignoli.

Lebih lanjut dia mengatakan, galaksi-galaksi berdiri dan tumbuh di tempat bersilangannya filamen. Aliran gas dapat mengalir di sepanjang filamen.

Mignoli mengatakan sampai saat ini belum ada penjelasan yang baik atas keberadaan lubang hitam awal sebesar itu.

Baca juga: Nobel Fisika 2020 Diraih 3 Ilmuwan Penemu Lubang Hitam

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X