Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wasit VAR Sivakorn Pu-Udom dan Kontroversinya di Piala Asia U23 2024

Kompas.com - 30/04/2024, 18:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sosok wasit video assistant referee (VAR) Sivakorn Pu-Udom disorot usai semifinal Indonesia vs Uzbekistan Piala Asia U23 2024, Senin (29/4/2024).

Pengadil asal Thailand itu dinilai membuat keputusan kontroversial yang memengaruhi hasil pertandingan yang dimenangi Uzbekistan.

Dalam pertandingan tersebut ada tiga keputusan VAR yang mendapat sorotan. Pertama, saat pemain Indonesia Witan Sulaeman dijatuhkan di pinggir kotak penalti Uzbekistan. 

Awalnya wasit tengah Shen Yinhao memberikan tendangan bebas bagi Indonesia. Namun, usai melihat tayangan ulang VAR, wasit membatalkan keputusan tersebut. 

Kontroversi kedua yakni saat wasit menganulir gol Muhammad Ferrari pada menit ke-61. Setelah melihat tayangan VAR, wasit membatalkan gol Indonesia karena dinilai offside. 

Selanjutnya keputusan wasit memberi kartu merah pada Rizki Ridho yang bermaksud membuang bola dan mengenai pemain Uzbekistan Jasurbek Jalliddinov .

Keputusan yang ditinjau dari VAR itu lalu membuat Sivakorn Pu-Udom mendapat sorotan karena dinilai berperan memengaruhi hasil pertandingan.

Baca juga: 3 Keputusan VAR yang Dinilai Rugikan Garuda Muda di Laga Indonesia Vs Uzbekistan


Profil wasit VAR Sivakorn Pu-Udom

Sivakorn Pu-Udom menjadi wasit VAR dalam semifinal Piala Asia U23 2024 Indonesia vs Uzbekistan mendampingi wasit utama asal China, Shen Yinhao.

Dikutip dari Transfermarkt, Sivakorn Pu-Udom merupakan wasit asal Thailand yang bertugas menjadi wasit sejak 2012-2013.

Sivakorn Pu-Udom lahir pada 26 November 1987 di Samut Sakhon, Thailand. Saat ini, warga Bangkok tersebut berusia 36 tahun.

Sivakorn memulai debutnya sebagai wasit dalam Liga 1 Thailand pada 30 Mei 2013. Sejak saat itu, dia mulai memimpin pertandingan Liga Super China, V. League 1, Liga Vietnam, dan kompetisi internasional lainnya.

Sivakorn tercatat menjadi wasit di Liga Super China musim 2013. Dia juga menjadi wasit VAR di ajang Kualifikasi Piala Dunia U20 2023.

Dia juga bertugas di Liga Champions Asia, Piala AFC, dan Piala Asia senior serta kelompok umur.

Sivakorn Pu-Udom bahkan ditunjuk FIFA untuk menjadi wasit VAR cabang olahraga sepakbola di Olimpiade 2024.

Selama 2023-2024, dia telah menjadi wasit pada 24 pertandingan dan mengeluarkan kartu kuning sebanyak 114, kartu kuning kedua 2 kali, dan tendangan pinalti 3 kali.

Pada turnamen Piala Asia U23 2024, timnas Indonesia berjumpa dengan Sivakorn sebanyak dua kali, saat kalah melawan Qatar pada laga pembuka kompetisi dan kalah dari Uzbekistan pada babak semifinal.

Baca juga: Jadi Faktor Penentu Kekalahan Indonesia di Semifinal Piala Asia U23, Apa Itu VAR?

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com