Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata BWF soal Keputusan Kevin Sanjaya Pensiun dari Bulu Tangkis

Kompas.com - 17/05/2024, 18:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Keputusan pebulu tangkis Indonesia dari sektor ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo pensiun dini dari bulu tangkis menuai sorotan media Internasional.

Mantan pebulu tangkis Inggris sekaligus bagian dari komunitas Badminton World Federation (BWF) Ben Beckman tanpa ragu menyampaikan bahwa penampilan Kevin akan dirindukan pencinta bulu tangkis.

"Dia akan dirindukan oleh banyak penggemar," ucapnya, dikutip dari unggahan di akun TikTok resmi @bwfofficial, Kamis (16/5/2024).

Baginya, Kevin adalah atlet badminton ganda putra dunia dengan permainan yang selalu memukau.

"Saya akan mengingatnya sebagai pemain bulu tangkis yang memukau dan membuat saya kagum. Bahkan ketika saya sudah menontonnya 100 kali, saya masih tidak percaya," terang dia lagi.

Sebagai informasi, Kevin telah mengumumkan pensiun dari badminton melalui unggahannya di akun Instagram @kevin_sanjaya, Kamis (16/5/2024).

Ia memutuskan mundur setelah mengalami cedera bahu yang tak kunjung sembuh 100 persen.

Diberitakan Kompas.com, Kamis, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja menyampaikan, keputusan tersebut telah disampaikan kepada Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) pada 6 April 2024 silam.

Baca juga: Kevin Sanjaya Resmi Nyatakan Pensiun Dini dari Bulu Tangkis, Ini Alasannya

BWF: Kevin pebulu tangkis yang luar biasa

Melalui unggahan resmi @bwfofficial, Beckman mengungkapkan bahwa Kevin adalah salah satu pasangan ganda putra dengan prestasi yang gemilang.

Bersama pasangannya, Marcus Gideon, keduanya dikenal sebagai The Minions. Mereka berhasil menjadi pasangan ganda putra nomor satu dunia dalam waktu yang lama.

"Kevin adalah salah satu pasangan ganda putra yang selama beberapa tahun cukup banyak meraih prestasi, memenangkan gelar demi gelar, minggu demi minggu. Mereka mendominasi tur dunia dan menjadi ganda putra nomor satu di dunia," kata Beckman.

Tak hanya meraih banyak gelar, The Minions juga memiliki penggemar yang amat banyak. Permainan Kevin dan Marcus kerap menuai banyak pujian.

Kemampuan Kevin sebagai pemain posisi depan ganda putra juga tidak bisa dianggap remeh.

Saat di lapangan, Kevin tampil memukau dengan gerakan, reaksi, dan tembakan yang cepat.

"Dia (Kevin) memiliki reaksi yang cepat dan keterampilan pertahanan yang nyaris tidak nyata. Semua kemampuan itu dimilikinya," terangnya.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com