Sebelum Berlibur, Perhatikan Daftar Zona Hijau dan Zona Merah Corona Ini

Kompas.com - 24/10/2020, 12:32 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Sebagian masyarakat Indonesia akan menikmati masa libur panjang karena adanya cuti bersama pada 28 dan 30 Oktober, libur Maulid Nabi Muhammad SAW pada 29 Oktober, serta akhir pekan pada 31 Oktober dan 1 November.

Tekait dengan itu, Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Tri Yunis Miko Wahyono mengimbau, masyarakat yang hendak mengisi libur panjang pekan depan menghindari zona merah virus corona.

"Mau jalan ke mall atau ke mana pun, di zona merah itu berisiko tertular Covid-19," ujar Tri, seperti dimuat dalam Covid19.go.id, Rabu (21/10/2020).

Diketahui, pemerintah Indonesia membuat peta risiko untuk memantau daerah rawan penyebaran virus corona.

Baca juga: Libur Panjang Diimbau Tak Mudik, Apa yang Sebaiknya Dilakukan Jika Ingin Liburan?

Peta risiko digambarkan dengan warna, merah (risiko tinggi), oranye (risiko sedang), kuning (risiko rendah), dan hijau (tak ada kasus/tak terdampak).

Data zona tersebut diukur dengan indikator-indikator epidemiologi. Perubahan warna untuk setiap daerah hingga kini masih dinamis, karena kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi.

Peta risiko dipublikasikan di laman https://covid19.go.id/peta-risiko dan diperbarui setiap minggunya.

Menurut data terbaru, yaitu 18 Oktober 2020, terdapat 32 zona merah, 344 zona oranye, 113 zona kuning, dan 25 zona hijau.

Jumlah daerah berstatus zona merah minggu ini berkurang dibanding minggu sebelumnya seperti diberitakan Kompas.com, 14 Oktober 2020.

Baca juga: Libur Panjang Akhir Oktober, Ini Saran Epidemiolog untuk Cegah Lonjakan Corona

Berikut daftar daerah kategori zona merah dan hijau Covid-19 di Indonesia:

Zona Merah

1. Aceh

  • Bener Meriah
  • Aceh Utara
  • Kota Langsa
  • Bireuen
  • Kota Subulussalam
  • Aceh Tamiang

2. Sumatera Barat

  • Kota Padang

3. Sumatera Selatan

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X