Hari Ini dalam Sejarah: Serangan Bom Besar di Markas Militer AS dan Perancis di Beirut

Kompas.com - 23/10/2020, 09:04 WIB
Ilustrasi bom ShutterstockIlustrasi bom

KOMPAS.com - Hari ini, 37 tahun lalu, terjadi dua ledakan bom besar di ibu kota Lebanon, Beirut.

Ledakan pertama terjadi di Pusat Komando Pasukan Amerika Serikat di Beirut pada 23 Oktober 1983 pukul 06.20 pagi waktu setempat.

Bom pertama ini berasal dari sebuah truk sampah bermuatan 5,9 ton bahan peledak menabrak gerbang depan Pusat Komando Pasukan AS.

Selain menghancurkan gedung berlantai empat, ledakan itu juga menewaskan 220 marinir, 18 pelaut, dan tiga tentara.

Ledakan kedua terjadi dua menit berselang, yaitu pukul 06.22 pagi waktu setempat, di markas pasukan terjun payung Perancis di Beirut barat. Kejadian ini menewaskan 58 tentara.

Baca juga: Ledakan Bom Mobil Bunuh Diri di Afghanistan Tewaskan 13 Orang, 120 Orang Luka-luka

Para tentara tersebut berada di Beirut karena menjadi bagian pasukan perdamaian multinasional yang terdiri dari AS, Perancis, dan Italia.

Ini sebagai bagian dari perjanjian genjatan senjata yang ditandatangani Israel dan Pasukan Pembebasan Palestina PLO.

Para saksi mata menyatakan, kedua gedung itu hancur dan meninggalkan pemandangan yang mengerikan.

"Saya belum pernah melihat hal seperti ini sejak perang Vietnam," kata Jordan dengan lengan yang menderita luka, dikutip dari pemberitaan Harian Kompas, 24 Oktober 1983.

Baca juga: Bom Perang Dunia II Meledak di Dekat Laut Baltik

Latar belakang

Melansir Britannica, pasukan perdamaian itu berada di Beirut sejak 1982 untuk mengawasi penarikan pasukan PLO dari Beirut dan memastikan keselamatan warga sipil Palestina.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X