[HOAKS] Pakai Masker Sebabkan Pengurangan Kadar O2 dan Keracunan CO2

Kompas.com - 23/10/2020, 07:30 WIB
Ilustrasi hoaks ShutterstockIlustrasi hoaks
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar narasi di media sosial bahwa memakai masker dapat menyebabkan penggunanya kekurangan oksigen dan keracunan karbon dioksida, utamanya pada perkembangan otak anak.

Badan kesehatan dunia WHO, ahli paru, dan penelitian ilmiah menegaskan bahwa narasi itu tidak benar.

Mengenakan masker tidak menyebabkan penggunanya keracunan karbon dioksida (CO2) atau kekurangan oksigen (O2). WHO juga sudah membuat panduan penggunaan masker pada anak-anak.  

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Martina Tina pada Sabtu (17/10/2020) mengunggah tangkapan layar berisi pernyataan dari ahli saraf Margareta Griesz-Brisson.

Griesz-Brisson memperingatkan bahwa masker menyebabkan deprivasi oksigen dan kerusakan neurologis permanen, terutama dalam perkembangan otak anak-anak.

Tangkapan layar status Facebook dengan narasi masker menyebabkan deprivasi oksigen dan kerusakan neurologis permanen.Facebook Tangkapan layar status Facebook dengan narasi masker menyebabkan deprivasi oksigen dan kerusakan neurologis permanen.

Narasi tersebut ramai beredar dalam bahasa Inggris di sejumlah akun Facebook, salah satunya akun Margineanu Elena dan Krystal Tini.

Akun Facebook Krystal Tini pada 5 Oktober 2020 mengunggah video Margareta Griesz-Brisson.

Dalam video berdurasi 2 menit 22 detik itu, Griesz-Brisson menekankan bahwa penggunaan masker dapat membuat seseorang kekurangan oksigen sehingga merusak otak.

Menggunakan masker, menurutnya, sangat berbahaya bagi remaja dan anak-anak.

Penjelasan

Badan kesehatan dunia WHO menegaskan, penggunaan masker medis tidak menyebabkan keracunan karbon dioksida atau kekurangan oksigen.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X