INFOGRAFIK: Spesifikasi Pesawat Mata-mata AS P-8 Poseidon yang Ditolak Masuk Indonesia

Kompas.com - 23/10/2020, 08:50 WIB
Spesifikasi Pesawat Mata-mata AS P-8 Poseidon KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoSpesifikasi Pesawat Mata-mata AS P-8 Poseidon

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia disebutkan menolak proposal izin pesawat mata-mata Amerika Serikat ( AS) P-8 Poseidon untuk mendarat dan mengisi bahan bakar di dalam negeri.

Menurut laporan Reuters pada Selasa (20/10/2020), permintaan AS tersebut mengejutkan pemerintah Indonesia.

Sebab, Indonesia memiliki kebijakan luar negeri bebas aktif, di mana Indonesia tidak pernah mengizinkan militer asing beroperasi.

Adanya permintaan tersebut diungkapkan oleh empat pejabat senior Indonesia.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Raksasa Produsen Pesawat Boeing Didirikan, Bagaimana Awal Mulanya?

Amerika Serikat, pada Juli dan Agustus 2020 mengirimkan pejabat tingginya untuk melakukan pendekatan tingkat tinggi kepada Menteri Pertahanan, Menteri Luar Negeri dan Presiden Indonesia. Dan semuanya dengan tegas menolak (rebuff) permintaan tersebut.

Sejauh ini, permintaan konfirmasi menyangkut informasi dari Reuters tersebut, belum ditanggapi oleh Kantor Presiden, Kemenhan dan Kemlu Indonesia.

Lantas seperti apa kecanggihan pesawat mata-mata AS P-8 Poseidon tersebut?

Baca juga: Melihat Kecanggihan Pesawat Mata-mata AS P-8 Poseidon yang Ditolak Masuk Indonesia

Selengkapnya dapat disimak di infografik berikut!

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Spesifikasi Pesawat Mata-mata AS P-8 Poseidon

Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X