Bagaimana jika Pemaksa Disiplin Protokol Kesehatan Tidak Disiplin?

Kompas.com - 28/09/2020, 11:16 WIB
Kecewa adalah reaksi pertama saat mendapati kenyataan tidak sesuai dengan harapan. SHUTTERSTOCKKecewa adalah reaksi pertama saat mendapati kenyataan tidak sesuai dengan harapan.

KOMPAS.com - Hai, apa kabarmu? Semoga kabarmu baik karena terjaganya kondisi kesehatan, anugerah terindah sebagai pijakan untuk menjalani hidup.

September yang cukup membingungkan akan kita akhiri minggu ini. Ya, membingungkan terutama karena cuacanya.

Tidak seperti biasanya, September yang kerap diartikan sebagai kasep-kasepnya sumber (masa kemarau paling kering), kita diberkahi banyak hujan.

Karena sistem pengelolaan air di beberapa wilayah yang diberkahi banyak hujan tidak cukup baik, hujan yang sejatinya berkah menjadi bencana.

Pekan lalu kita mendapati banjir menggenangi beberapa wilayah di Indonesia. Jakarta sebagai muara banyak sungai besar salah satunya. 

Selain soal banjir yang mencuri perhatian seminggu terakhir, wacana pajak mobil baru nol persen juga menyita perhatian pembaca Kompas.com.

Di tengah lesunya ekonomi khususnya penjualan mobil baru, wacana dari Kementerian Perindustrian ini menggembirakan industri.

Kegembiraan industri ini klop dengan keinginan warga menghindari transportasi publik karena situasi pandemi. Sebagai gambaran, jika pajak mobil baru nol persen diterapkan, Toyota Fortuner 4X2 2.7 SRZ A/T BSN harga Rp 566.950.000 menjadi Rp 283.325.000. 

Masalahnya, adakah daya belinya meskipun harga mobil baru terpangkas nyaris setengahnya? Untuk beberapa pihak yang diuntungkan karena pandemi mungkin daya belinya justru meningkat dan kabar ini menarik perhatian dengan cepat.

Untuk yang daya belinya turun, kabar ini bisa jadi hiburan, bahan angan-angan atau bagian upaya memupuk harapan. Terhibur, berangan-angan dan memiliki harapan bisa membuat beban sulitnya hidup tersamar.

Asal jangan berlama-lama hidup dalam buaian angan-angan. Dalam situasi apa pun, selalulah memijak kenyataan. Apa kenyataan kita hari-hari ini?

Penyebaran Covid-19 meluas 

Situasi pandemi karena Covid-19 masih kita hadapi. Meskipun tidak mencekam dan membuat kita ketakutan seperti bulan-bulan pertama pandemi, ancamannya penularan Covid-19 tidak berkurang. Dari data yang diumumkan, penularannya justru makin meluas.

Petugas kesehatan menggunakan alat pelindung saat mendata pasien positif Covid-19 orang tanpa gejala (OTG) di Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (25/9/2020). Total sebanyak 21 Pasien positif Covid-19 orang tanpa gejala (OTG) yang dipindahkan ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet untuk di karantina.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas kesehatan menggunakan alat pelindung saat mendata pasien positif Covid-19 orang tanpa gejala (OTG) di Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (25/9/2020). Total sebanyak 21 Pasien positif Covid-19 orang tanpa gejala (OTG) yang dipindahkan ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet untuk di karantina.
Karena luasnya penularan ini, lingkaran pertemanan terdekat kita mungkin sudah ada yang terinfeksi. Sebagai update, hingga Minggu 27 September 2020, ada 22,4 persen atau 61.8113 pasien yang masih dirawat dari 275.213 pasien positif. 

Pemerintah bersama semua pihak terus berupaya menekan angka kematian karena Covid-19 dan menaikkan angka kesembuhannya. Data yang sama menunjukkan, 203.014 pasien sembuh (73,7 persen) dan 10.386 pasien meninggal (3,7 persen).

Sambil menunggu kabar baik soal pencarian vaksin oleh berbagai pihak di semua negara, disiplin kita akan protokol kesehatan tidak boleh longgar. Memakai masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan dengan sabun (3M) semoga sudah menjadi kebiasaan baru yang dibentuk oleh pandemi.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X