Bagaimana Uang Rp 75.000 Bisa "Nyanyi" Indonesia Raya Saat Di-"scan" Melalui Aplikasi?

Kompas.com - 28/09/2020, 12:27 WIB
Tangkapan layar video pengoperasian aplikasi Ivive yang memunculkan video pada uang kertas pecahan Rp 75.000. Twitter: @repvblikvideoTangkapan layar video pengoperasian aplikasi Ivive yang memunculkan video pada uang kertas pecahan Rp 75.000.

KOMPAS.com - Sebuah video yang menampilkan uang pecahan Rp 75.000 memunculkan video paduan suara saat di-scan,  viral di media sosial pada Sabtu (26/9/2020).

Dari video yang muncul ada lantunan lagu Indonesia Raya.

Selain itu, ada video lain yang merekam hal yang sama pada uang Rp 100.000 dengan menggunakan aplikasi Augmented Reality (AR) Ivive.

Saat dikonfirmasi, Sabtu (26/9/2020), Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko mengatakan, BI tidak merancang augmented reality (AR) pada uang Rp 75.000.

"Bank Indonesia tidak membuat konten AR di Uang Peringatan Kemerdekaan Rp 75.000 (UPK75) ataupun di uang rupiah lainnya," ujar Onny.

Ia menyebutkan, AR tidak termasuk dalam ciri uang rupiah yang diedarkan Bank Indonesia.

Menurut Onny, tekonologi AR bisa diterapkan pada berbagai obyek apa pun, tidak hanya uang.

Baca juga: Video Viral Uang Kertas Rp 75.000 Bisa Nyanyi Indonesia Raya, Ini Kata BI

Apa itu augmented reality atau AR?

Dosen Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Nurchaya Pradana Taufik Prakisya mengatakan, video lagu Indonesia Raya yang muncul saat uang Rp 75.000 di-scan kemungkinan memang menggunakan AR.

"Kalau memang benar ada itu sangat mungkin. AR itu bisa dibuat pakai apa saja, asal ada targetnya," ujar Nurcahya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (27/9/2020).

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X