Anies Larang OTG Covid-19 Isolasi Mandiri di Rumah, Benarkah Akan Menularkan ke Anggota Keluarga Lain?

Kompas.com - 15/09/2020, 17:05 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri di rumah SHUTTERSTOCK/irem01Ilustrasi isolasi mandiri di rumah

KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, isolasi mandiri di rumah tinggal untuk pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG) tidak berlaku lagi.

Dia mengatakan, isolasi mandiri tidak diizinkan lagi untuk mencegah terjadinya klaster perumahan karena isolasi mandiri yang tidak disiplin.

Anies mengatakan, kebijakan tersebut diambil dikarenakan tidak semua warga memahami protokol kesehatan terkait isolasi mandiri dan berpotensi menularkan Covid-19 di keluarga pasien terpapar.

Baca juga: PSBB Jakarta, Kasus Covid-19 yang Terus Menanjak, dan Saran Epidemiolog untuk Pemerintah

Bagi pasien Covid-19 yang menolak untuk melakukan isolasi di tempat yang sudah disediakan, Anies mengancam petugas dan aparat penegak hukum akan melakukan penjemputan.

"Isolasi mandiri di rumah tinggal harus dihindari karena ini berpotensi pada penularan klaster rumah sudah terjadi," kata Anies.

Benarkah jika pasien orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 melakukan isolasi mandiri di rumah akan menularkan kepada anggota keluarga yang lain?

Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Erlina Burhan menjelaskan, pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah sejatinya tidak akan menularkan kepada siapa pun.

Namun, hal itu berlaku jika pasien mampu melaksanakan kewajiban dalam mematuhi protokol kesehatan saat isolasi mandiri.

Baca juga: Covid-19, Anies Baswedan, dan Polemik PSBB Jakarta...

Erlina mencontohkan, misalnya selalu memakai masker, patuh berdiam diri di rumah, jaga jarak dengan anggota keluarga yang lain, selalu cuci tangan, dan lain sebagianya.

"Isolasi mandiri di rumah menurut saya enggak akan menularkan kepada yang lain sepanjang mematuhi protokol kesehatan," kata Erlina saat dihubungi Kompas.com, Selasa (15/9/2020).

Walau begitu, terkadang, dalam melakukan isolasi mandiri di rumah terdapat beberapa rintangan misalnya seperti kondisi rumah yang tidak memungkinkan.

Banyak pasien, kata Erlina, yang tidak bisa menjalani isolasi mandiri di rumah bukan karena tidak mau, tetapi kondisi yang tidak memungkinkan.

Baca juga: Update Vaksin Covid-19 di Seluruh Dunia, dari Rusia hingga Inggris

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X