China Sebut Tidak Semua Warganya Akan Dapat Vaksin Corona, Ini Alasannya

Kompas.com - 15/09/2020, 11:50 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Do. Shutterstock) Ilustrasi vaksin Covid-19. (Do. Shutterstock)

KOMPAS.com - Perkembangan vaksin virus corona mulai memasuki tahap menjanjikan. Sejumlah penelitian di berbagai belahan dunia melaporkan hasil yang positif.

Meski vaksin bermanfaat untuk melindungi manusia dari infeksi virus corona yang terus meluas, namun China menyebut bahwa pada saat vaksin telah siap, tidak semua orang di negara itu akan mendapatkannya.

Dilansir dari CNN International, Selasa (15/9/2020) hal tersebut disampaikan oleh pejabat kesehatan papan atas di Beijing.

Baca juga: Sempat Disetop, Uji Coba Vaksin Corona dari Oxford Kembali Dilanjutkan

Prioritas

Sumber itu mengatakan bahwa China akan memprioritaskan mereka yang bekerja di garda depan, dan sebagian populasi yang dianggap rentan apabila terpapar Covid-19.

"Sejak gelombang pertama Covid-19 muncul di Wuhan, China telah berhasil bertahan dari dampak serangan itu berkali-kali," kata Gao Fu, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) China.

Mengutip Kantor Berita China, pernyataan Gao Fu disampaikan pada pertemuan yang membahas perkembangan vaksin di kota Shenzhen pada Sabtu lalu.

Gao menambahkan, vaksinasi pada seluruh lapisan masyarakat harus dilakukan berdasarkan pertimbangan risiko dan manfaat yang akan dihasilkan.

Menurut Gao, sejauh ini vaksinasi massal belum terlalu dibutuhkan, kecuali apabila terjadi ledakan wabah cukup besar di masa mendatang.

Kebijakan berbeda 

Kebijakan tersebut berbeda dari banyak negara, terutama Australia, yang telah mengungkapkan rencana untuk melakukan program vaksinasi massal.

Sementara itu, jumlah kasus infeksi virus corona yang dilaporkan di China tetap rendah sejak musim semi.

Halaman:

Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X